Kuliner Andalan Jogja yang Sayang Banget Kalo Nggak Dicoba

Kuliner Jogja
Kuliner Jogja rentalmobilyogyamurah.com

Selain wisata budaya, wisata Jogja juga asik buat kulineran. Bicara soal kulineran, rugi rasanya sudah sampai di sini tapi nggak nyempetin nyoba ragam kuliner khas-nya berikut ini!

Sate Klatak

Sate Klatak
Sate Klatak bakpiakinanthi.com

Kuliner Jogja yang melejit kembali karena Film AADC 2 yang mengambil lokasi syuting di tempat wisata di jogja ini sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Selain daging yang empuk karena ditusuk di jeruji besi, kamu juga bisa gaya ala-ala Cinta saat berada di warung sate unik ini.

Bakpia

Belum lengkap rasanya wisata ke Jogja tanpa icip-icip bakpia. Kini bakpia Jogja rasanya nggak itu-itu aja lho! Ada cokleat, strawbery, keju dan masih banyak lagi. Selain itu, kini terdapat juga berbagai brand bakpia premium yang lumer banget di mulut, seperti Bakpia Citra atau Kurnia Sari.

Tiwul

Kalau udah ngerasain, nggak nyangka deh kalau tiwul itu olahan dari singkong. Pasalnya jajanan lawas yang satu ini sama sekali nggak ada bau-bauan singkongnya. Dalam sekali gigit, selain legit, rasa gurih dan manis juga terasa pas. Biasanya sih tiwul akan dijual bersama dengan kawan-kawannya seperti gatot, ketan dan lopis.

Mie Ayam Tumini

Jangan anggap biasa mie ayam yang satu ini lho ya! Pasalnya Mie Ayam Tumini nggak buka cabang dimana-mana. Kalau mau makan ya harus ke Jogja, antri pula. Selalin ayam dan mienya yang pas di lidah, kuah kental di warung inilah yang membuat citarasa Mie Ayam Tumini jadi berbeda. Pantas saja ribuan porsi mie bisa ludes dalam tempo sehari. Nggak percaya? Coba saja datang ke warungnya.

Keripik Belalang

Keripik belalang merupakan salah satu keripik unik dari Jogja selain keripik jingking dan undur-undur laut. Bedanya, belalang yang digoreng hingga kriuk ini menawarkan citarasa yang berbeda. Kalau biasanya keripik bercitarasa gurih,olahan nelalang yang satu ini lebih mirip belalang bacem yang digoreng chrispy. Endes sekali!

Sambel Welut

Sambel welut juga menjadi salah satu kuliner yang menarik untuk dicoba. Sesuai namanya, bahan utama sambel welut adalah welut yang digoreng lalu dicampur dengan cabai dan berbagai rempah. Selanjutnya ya tinggal dinikmati sama nasi panas aja. Duh jadi laper!

Entog Slenget

Di Jogja marak juga olahan entog. Salah satu kuliner berbahan entog yang paling banyak dicari tidak lain adalah entog slenget. Daging entog yang sudah diungkep lalu dimasak dengan bumbu khusus. Sekilas entog slenget mirip rica-rica. Bedanya hanya terletakl pada level citarasa pedasnya saja!

Gudeg

Terakhir, hambar rasanya jika ke Jogja tanpa nyicip gudegnya. Oya, kini gudeg sudah ada versi kemasan kalengnya lho! Jadi nggak perlu bingung lagi kalau mau bawa gudeg hingga ke luar negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s