Apa Saja Sih yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Jogja?

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat liburan, tidak terkecuali saat mengunjungi tempat wisata di jogja. Hmm, apa saja yang persiapan yang harus dilakukan agar liburan di Jogja makin menyenangkan? Yuk simak sama-sama!

Pilih Waktu yang Tepat

Kalau bisa sih liburan di Jogja ngambil pas weekday. Selain terhindar dari macet, lokasi wisata andalan atau destinasi wisata yang tengah booming lebih sepi saat hari kerja. Jadi bisa main sepuasnya tanpa harus dipusingkan dengan kemacetan serta antrian yang panjang.

Belajar Bahasa Jawa

Jangan heran ya kalau tanya sesuatu di Jogja dijawab dengan bahasa Jawa. Misalnya saja saat tanya arah menuju suatu tempat wisata. Karena umumnya wisata kenamaan di Jogja berada di tempat yang mblusuk, jadi persentase untuk bertanya pada warga lokal masih cukup tinggi. Karena itu minimal Anda tau bahasa Jawa yang terkait dengan arah, uang, ungkapan terima kasih dan ucapan saat pergi.

Mengerti Jam Operasi Alat Transportasi

Andong
Andong krjogja.com

Tidak seperti Jakarta transportasi publiknya beroperasi sampai malam hari, di Jogja hanya Bus Trans Jogja saja yang beroperasi sampai malam hari. Di Jogja umumnya bus hanya beroperasi hingga sore hari. Jadi kalau mau kemana-mana sewaktu malam, mau nggak mau harus ngojek, naik taksi atau sekalian rental kendaraan. Kalau Anda liburan sama-sama, maka naik taksi atau sewa mobil dapat menjadi solusi yang nyaman dan jatuhnya bisa lebih irit. Tapi kalau mau jalan-jalan di tengah kota, bisa naik becak atau andong saja. Selain irit, naik Andong itu brasa banget Jogjanya. Asyik dan nggak mbosenin.

Siapkan Uang Pecahan

Karena harga tiket masuk wisata, makanan, baju hingga oleh-oleh di Jogja terbilang “ringan” di kantong, jangan lupa untuk membawa uang pecahan seperti 5K, 10K atau 20K. Kayaknya kurang asyik juga deh kalau cuma makan pecel eh bayarnya pakai lembaran merah 100K. Meski terkesan sepele, tapi kasihan penjualnya sewaktu mencari uang kembalian.

Jangan Lupa Bikin Itinerary

Itinerary
Itinerary pixabay.com

Meski tidak semacet Jakarta, namun kemanapun Anda bepergian, usahakan untuk selalu membuat itinerary. Selain memudahkan perjalanan, itinerary dapat membantu memaksimalkan waktu liburan Anda. Misalnya saja saat ke Gunung Kidul. Kan sayang kalau jauh-jauh ke sana hanya menikmati 1 tempat saja. Nah dengan itinerary akan memudahkan Anda membagi waktu saat berwisata misalnya mau ke pantai mana, mau makan apa plus mau hunting oleh-oleh khasnya.

Jangan Sombong

Terakhir, dimanapun Anda liburan, jangan sekali-kali berlaku sombong, apalagi jika Anda merencanakan liburan di Jogja. Selain menawarkan puluhan destinasi wisata yang menyenangkan, Jogja dikenal dengan keramah-tamahan penduduknya. Oiya, jangan lupa senyumnya ya!

Yuk ke Jogja lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s