Tempat Wisata Jogja di Sekitar Kawasan Malioboro

Ada banyak alasan mengapa wisatawan suka menginap di tengah kota, tidak terkecuali kalau sedang wisata di Jogja. Ada banyak alasan mengapa wisatawan gemar memilih liburan ke tangah kota. Salah satunya karena waktu liburan yang terbilang singkat. Memilih penginapan di pusat kota umumnya lebih mudah diakses. Karen aterintegrasi dengan berbagai layanan transportasi publik. Jika Anda menginap di kawasan Malioboro Jogja, berikut daftar tempat wisata di jogja yang dapat Anda kunjungi dengan berjalan kaki!

Gedung Agung

Gedung Agung
Gedung Agung kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

Gedung Agung merupakan salah satu istana Kepresidenan Indonesia selain Istana Negara Jakarta dan Istana Bogor. Uniknya, ternyata ada lho program khusus yang dirancang untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke istana kepresidenan. Namanya Program Istana untuk Rakyat yang disingkat dengan sebutan  ISTURA. Menariknya lagi, ternyata berkunjung ke istana Kepresidenan itu tidak dipungunt biaya. Hanya perlu memenuhi prosedur aturan berupa surat ijin kunjungan yang ditujukan pada Kepala Rumah tangga Kepresidenan u.p Kepala Istana setempat. Sayang deh kalau dilewatin!

Beteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan salah satu museum bersejarah di Jogja yang berada tepat di depan Gedung Agung. Jika Anda menyukai wisata sejarah, sayang rasanya jika tempat ini dilewatkan begitu saja, apalagi jika peningapan Anda berada di sekitar kawasan malioboro. Ibarat kata tinggal jalan saja sampai.  Salah satu koleksi museum yang menarik untuk diulik adalah diorama perjuangan para pahlawan saat memperjuangkan kemerdakaan NKRI. Seru deh!

Taman Pintar

Nah kalau ingin wisata edukasi di dekat Malioboro, tinggal mlipir saja ke Taman pintar.  Di sini terdapat puluhan wahana edukasi yang cocok untuk dinikmati bersama buah hati ataupun keponakan Anda. Menariknya lagi, tempat ini juga dekat dengan salah satu pusat penjualan buku di Jogja, Shopping namanya.

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga
Museum Anak Kolong Tangga usemayjourney.wordpress.com

Lain halnya jika nda tergiur untuk menikmati moment masa kecil dulu. Tak jauh dari Taman Pintar, tepatnya lantai 2 Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Anda akan menemukan sebuah museum unik yang menyediakan beragam permainan lawas yang sempat hits di era 80 hingga 90an. Museum Anak Kolong Tangga namanya. Selain berisikan berbagai koleksi mainan tradisional khas Indonesia, museum ini juga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak agar lebih mengenal kedudayaan Indonesia. Asyik kan?

Keraton Jogja

Keraton Jogja
Keraton Jogja
panduanwisata

Nah, jika Anda lebih menyukai wisata sejarah khas Jogja, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Selain dapat melihat benda bersejarah seperti keris, kereta kencana hingga gamelan, Anda juga dapat berburu foto bernuansa kerajaan Jawa tempo dulu. Menariknya lagi, pada beberapa kesempatan tertentu Anda dapat pula menikmati pertunjukan seni khas Jawa mulai dari pertunjukan tari-tarian, musik tradisional, hingga pertunjukkan wayang golek ataupun wayang kulit.

Yuk ke Jogja lagi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s