Pilihan Tempat Wisata Saat Ngadem di Kaliurang, Jogja

Jamu Godog
Jamu Godog merapifarma.wordpress.com

Ada begitu banyak spot ngadem saat berada di Jogja. Salah satunya adalah kawasan puncak Jogja alias Kaliurang. Kawasan yang terletak di kaki Gunung Merapi ini menawarkan beragam pesona wisata yang menarik untuk diulik. Mau jalan-jalan ke lokasi bersejarah bisa. Mau foto di tempat yang konon disebut tempat tergothic di Jogja bisa. Mau kulineran apalagi. Yuk tengok segera!

Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu
Museum Ulen Sentalu indonesia.travel

Museum yang merupakan singkatan dari Ulating Blencong Sejatine Tataning Lumaku menawarkan beragam koleksi bersejarah mulai dari koleksi puteri-puteri keraton Yogyakarta, keraton Surakarta, Mangkuneragan dan juga Puro pakualaman. Apa pula lukisan-lukisan dari keraton maupun hasil tangan dari para seniman ISI Yogyakarta hingga syair milik GRAj Koes Sapariyam dan masih banyak lagi. Karena itulah museum ini cocok dikunjungi para penikmat seni.

Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa

Lain halnya jika Anda hobi menikmati wisata bergenre horor. Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa dikenal sebagai salah satu pilihan wisata seramnya Jogja. Meski dulunya merupakan tempat berkumpulnya mahasiswa salah satu universitas di Jogja, namun usai erupsi Gunung Merapi di Tahun 1994 yang lalu bangunan peninggalan Belanda ini sudah tidak digunakan lagi.

Berburu Jamu Godog

Jika Anda tertarik dengan jamu tradisional, kawasan kaliurang juga memiliki warung jamu yang asyik banget. Namanya Merapi Farma Herbal. Karena berlokasi di sisi atas Jogja, selain menyajikan beragam varian jamu godog, Merapi Farma Herbal sehingga menyajikan pemandangan yang sejuk dan indah. Dan sebagai salah satu sentra jamu di Jogja, tentu Anda juga dapat membawa oleh-oleh berupa bahan jamu kering. Sudah murah, praktis, kaya manfaat lagi. Asyik kan?

Jadah Tempe Mbak Carik

Jadah Tempe
Jadah Tempe jogjacityparadise.com

Ke Kaliurang akan terasa kurang jika belum menikmati kuliner khas bernama jadah tempe. Salah satu warung jadah yang cukup terkenal di sana adalah Jadah tempe Mbah Carik. Jadah yang sudah dibentuk pipih akan disajikan dengan baceman berupa tempe maupun tahu. Selain itu, kuliner yang dikenal sebagai burgernya Jogja ini akan juga dilengkapi dengan lombok. Jadi gurihnya ada, manisnya ada, pedasnya pun ada. Lengkap!

Udah kemana aja nih?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s