Desa dan Butik yang Asyik untuk Berburu Kreasi Kain Tradisional di Jogja

Sebagai kota batik dunia, Jogja menawarkan beragam pusat penjualan batik yang terdapat diberbagai sudut Jogja. Anda tinggal memilih sesuai dengan selera dan anggaran belanja yang ada. Selain batik, ternyata Jogja juga memiliki desa tenun lho! Yuk intip segera!

Batik Giriloyo

Batik Girioloyo
Batik Girioloyo batikgiriloyo.com

Lain lagi jika Anda sedang ingin memburu batik tulis dengan motif khas Keraton Yogyakarta. Jika Anda berminat dengan batik khas Jogja yang satu ini, datang saja ke Dusun Giriloyo yang berada di kawasan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Selain dapat berburu batik dengan nuansa tradisional khas desa, di sini Anda juga dapat melihat proses pembatikan. Belum lama ini, Desa Giriloyo dipilih untuk salah satu sesi acara Jogja Batik Biennale 2016.

Desa Wijirejo

Lain Giriloyo, lain pula Wijirejo. Kalau di Desa Giriloyo dikenal dengan batik tulis dengan motif khas Keraton Yogyakarta, Desa Wijirejo juga dikenal menawarkan motif lawasan khas Bantulan. Meski demikian, desa batik yang satu ini juga mengembangkan berbagai motif kontemporer. Salah satunya adalah batik lukis dengan motif abstrak dengan pewarnaan yang mencolok.

Desa Sumber Arum

Tenun Stagen
Tenun Stagen khairunnisasyaladin.blogspot.co.id

Dan ternyata, Jogja juga punya desa tenun yang tak kalah fenomenalnya. Namanya desa Sumber Arum. Desa Sumber Arum merupakan desa tenun yang mengembangkan produksi tenun stagen. Kalau dulu stagen hanya dibuat dalam satu warna saja, kini stagen dari Desa Sumber Arus dibuat dalam beragam warna yang dikenal dengan stagen pelangi. Karena kuran lebar yang terbatas, selain dibuat stagen, tenun dari Desa Sumber Arum digunakan untuk pembuatan cluth, dompet maupun kombinasi tas ataupun baju.

Huza Batik

Jika Anda sedang liburan di ujung utara Jogja, Batik Huza dapat menjadi lokasi berburu batik yang menarik. Apalagi jika Anda menyukai batik dengan motif pecinan yang cantik. Selain menawarkan kain batik dan beragam busana batik, Huza Batik juga menawarkan beragam produk batik lainnya seperti tas, cluth, dompet dan aneka pernik menarik.

Mirota Batik

Salah satu cara termudah mencari batik adalah di jantung kota Jogja, Malioboro. Selain ada Pasar Beringharjo dan puluhan butik di sepanjang Malioboro, salah satu spot kece di kota gudeg ini juga menawarkan sebuah tempat belanja lengkap di Mirota Batik. Selain dapat membeli berbagai produk batik, Anda juga dapat berburu aneka kerajinan khas dan oleh-oleh Jogja, mulai dari kerajinan kayu, perak hingga aneka jamu tradisional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s