Icip-Icip Kelezatan Makanan Khas Kota Pahlawan

Jika berbicara tentang kuliner nusantara, jangan lupakan Surabaya! Selain dikenal dengan olahan bebeknya, ternyata kota cantik ini masih menawarkan beragam pesona kuliner lainnya. Berencana jalan-jalan sekaligus kulineran di kota pahlawan? Yuk intip-intip dulu menu-menu khasnya!

Bebek Goreng

Olahan bebek goreng yang dikenal paling juara ya bebek goreng Surabaya. Selain dikenal di Surabaya, beragam olahan bebek khas Surabaya kini bisa ditemukan di berbagai kota lainnya, tidak terkecuali dengan Jogja. Salah satu warung bebek terkenal di Surabaya adalah Warung Bebek Tugu Pahlawan. Meski hanya warung kaki lima, namun tempat makan yang berada di Jalan Tembaan No. 17, Alun-Alun Contong ini menawarkan citarasa yang begitu menggoda. Jadi jangan keget jika Anda harus sabar mengantri sebelum mencicipi. Ada beberapa menu yang dapat dipilih seperti bebek goreng jeroan, pretelan, paha biasa, paha super ataupun bagian dada. Tinggal pilih saja sesuai selera.

Sate Klopo

Sate Klopo
Sate Klopo http://www.titofebrian.com

Selain bebek goreng, Surabaya juga dikenal dengan sate kloponya. Sesuai dengan namanya, potongan daging, jeroan maupun lemak sapi dibalut dengan gurihnya parutan kelapa. Dalam bahasa jawa, kelapa disebut dengan klopo. Karena itulah sate khas Surabaya ini dikenal dengan nama sate klopo. Sate khas Surabaya ini akan disajikan dengan bumbu kacang. Bedanya sate klopo dilengkapi dengan rebusan lombok dan bawang mantah yang nantinya bisa dicampurkan dengan bumbu kacang yang tersedia. Istilah kata, racik sendiri level pedasmu!

 

Nasi Cumi

Sebagai bagian dari negeri maritim, Surabaya juga menawarkan beragam kuliner berbahan komoditi laut. Salah satu yang patut diburu adalah nasi cumi. Olahan khas Surabaya ini dapat Anda temui di sepanjang jalan protokol kota pahlawan. Tinggal pilih saja sesuai selera.

Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap jalansambiljajan.blogspot.co.id

Pesona kuliner Surabaya diramaikan dengan menu lezat bernama lontong balap. Sesuai dengan namanya, lontong balap merupakan makanan berbahan dasar lontong. Potongan lontong tersebut akan dicampur dengan tahu goreng dan tauge yang disajikan dengan kuah gurih. Tambahan bawang goreng dan bumbu petis membuat citarasa lontong balap menjadi semakin istimewa. Gurih, pedas tapi seger. Nyam nyam!

Nasi Rawon

Surabaya juga dikenal dengan rawonnya. Sayur hitam berbumbu dasar kluwak ini akan terasa nikmat dengan balutan potongan daging sapi, jeroan ataupun kikil. Kalau sudah dinikmati bersama nasi, duh rasanya kok pengen nambah lagi. Selain cocok disantap bersama dengan nasi, Anda juga dapat menambahkan gorengan lezat seperti perkedel ataupun otak sapi goreng. Bikin laper nggak sih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s