Menapaki Jejak Pahlawan di Surabaya Asyiknya Kemana Ya?

Sebagai kota pahlawan, Surabaya menawarkan pesona wisata kepahlawanan yang begitu epic. Ada berbagai cerita kepahlawanan yang dapat digali dari kota cantik ini. Jika Anda tertarik menguak sejarah di surabaya, datangi saja beberapa ikon wisata kepahlawanan berikut ini seperti Jembatan merah, Monumen Kapal Selam, Monumen Jendreal Sudirman,  Monuman Bambu Runcing dan tentu saja Monumen Tugu Pahlawan. Tengok segera yuk?

Jembatan Merah

Jembatan Merah Surabaya
Jembatan Merah Surabaya ulinulin.com

Ikon wisata kepahlawanan di Surabaya tentu identik dengan Jembatan Merah. Selain dibuat lagu, area bersejarah Surabaya yang satu ini dulunya merupakan area vital menuju ke Gedung Keresidenan Surabaya. Saat terjadi revolusi kemerdekaan NKRI, jembatan merah menjadi saksi bisu pertempuran para pahlawan.Tak ayal tempat ini akhirnya menjadi begitu fenomenal hingga dibuat lagu dengan nama senada.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan ikon kepahlawanan yang menawarkan suasana berbeda. Pasalnya monumen ini menampilkan kapal selam sungguhan yang dulu pernah digunakan oleh Armada Angkatan Laut Indonesia. Di dalam kapal selam bernama Pasopati 410 ini Anda akan disuguhi pemandangan real sebuah kapal selam. Selain menjelajah bagian dalam kapal, pengunjung juga  dapat menyaksikan film yang informatif terkait dengan Pasopati 410.

Monumen Jenderal Sudirman

Monumen Jenderal Sudirman
Monumen Jenderal Sudirman awalsholeh.blogspot.co.id

Sesuai dengan namanya, monumen ini dibangun untuk mengenang jasa salah satu paglawan nasional Indonesia, Jenderal Sudirman. Tentu nama Jenderal Sudirman sudah begitu familiar di telinga. Berfoto di samping patung raksasa sang jenderal menjadi salah satu foto ikonik khas dari area bersejarah ini. Apaalagi jika foto diambil jauh dari bawah monumen. Latar puluhan anak tangga semakin membuat epik hasil fotografi di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat perjalanan hidup sang jenderal melalui puluhan relief yang khusus dibuat di monumen ini. Menariknya lagi, Monumen Jenderal Sudirman juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti perpustakaan, ruang diorama hingga audio visual.

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen Jalesveva Jayamahe rafihydar.it.student.pens.ac.id

Selain itu, Surabaya masih memiliki monumen keren yang tak kalah epicnya. Namanya Monumen Jalesveva Jayamahe yang dikenal luas dengan sebutan Monjaya. Monumen yang berjarak sekitar 7.6 km dari pusat kota Surabaya ini menawarkan pemandangan berupa patung perwira TNI Angkatan laut berketinggian 31 meter yang berdiri di atas gedung setinggi 29 meter. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, pembangunan Monumen yang Monumen Jalesveva Jayamahe juga dimaksudkan untuk mengingatkan generasi muda bahwasanya nenek moyang kita merupakan pelaut handal. Jalesveva Jayamahe yang berarti “Di Laut Kita Tetap Jaya” ini kini digunakan sebagai semboyan angkatan laut Indonesia. Epic banget!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s