Tempat-Tempat di Surabaya Ini Konon Dihuni Oleh Makhluk Tak Kasat Mata

Menjelang Halloween, kompleks wisata seram akan menjadi trending topic yang menarik untuk diulik. Kalau Jogja punya Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa, Surabaya pun menawarkan pilihan pesona “serupa”. Konon berbagai tempat ini disinyalir dihuni penampakan tak kasat mata yang dapat membuat suasana kian mencekam. Mana saja lokasinya? Berikut beberapa diantaranya!

Gedung Juang

Surabaya tentu tak akan lepas dengan berbagai destinasi wisata kepahlawanan. Ternyata satu diantara ikon kepahlawanan kota Surabaya menyimpan suatu kisah misteri. Gedung Juang 45 misalnya. Selain bayangan yang terlihat di sekitar gedung, konon ada pula yang melihat jajaran pasukan yang berbaris di lapangan. Duh!

Rumah Hantu Kupang

Kisah misteri lainnya berasal dari Rumah Hantu Kupang. Gedung yang dikenal luas dengan sebutan rumah setan atau gedung setan ini memiliki beberapa versi cerita. Ada yang sebagai tempat penyiksaan, lokasi pembunuhan hingga tempat penyimbanan jenazah sebelum dimakamkan. Dua kisah misteri di sini adalah kisah hantu anak kecil dan kisah hantu budak.

Rumah Hantu Darmo

Ilustrasi Tempat Seram
Ilustrasi Tempat Seram pixabay.com

Selain Rumah Hantu Kupang, kisah misteri di Surabaya juga diramaikan dengan kisah Rumah Hantu Darmo. Ada yang mengaitkan kisah misteri di sini dengan pembunuhan yang konon dilatarbelakangi dengan cerita pesugihan. Ada beberapa penampakan yang pernah dilihat di sini mulai dari penampakan seorang wanita berpakaian putih berjalan di depan rumah hingga sosok penampakan bertubuh besar.

Pabrik Padi Ketintang

Sesuai dengan namanya, salah satu bangunan tua di Surabaya ini dulunya merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat penggilingan padi. Usai tak digunakan lagi, bangunan ini dibiarkan kosong dalam waktu yang lama. Kabarnya, kini bekas pabrik ini dihuni oleh makhluk tak kasat mata mulai dari sosok noni belanda dan nenek tua yang konon merupakan korban pembantaian hingga suara mesin yang beroperasi sendiri di malam hari.

Balai Pemuda

Ilustrasi Hantu
Ilustrasi Hantu pixabay.com

Lain halnya dengan balai Pemuda. Di jalan kolonial Belanda, gedung ini dikenal sebagai lokasi dugem. Kini gedung ini menjelma menjadi lokasi pernikahan ataupun konser musik. Konon di waktu-waktu tertentu, seringkali terdengar alunan musik jaman dulu. Padahal saat terdengar musik lawas tersebut, kondisi gedung tengah kosong.

 

Tugu Pahlawan

Ternyata ada kisah misteri dibalik ikon kepahlawanan kota Surabaya yang satu ini. Meski terletak di tengah kota, namun saat malam tiba, konon tugu kenamaan ini memiliki kisah misteri tersendiri. Salah satunya adalah penampakan pocong. Menurut cerita yang beredar, selain menampakkan dengan wujud yang mengerikan, ada pula cerita tentang pocong yang mengejar-ngejar petugas kebersihan. Konon ada pula sosok pendekar berpakaian khas Madura yang terlihat berkeliling di sekitar area tugu. Serem nggak tuh?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s