Kegiatan Seru yang Dapat Kamu Lakukan di Alun-Alun Selatan Jogja

Meski hanya berupa tanah lapang yang terlihat biasa saja, namun Alun-Alun Selatan Jogja menawarkan pesona wisata tersendiri. Apa menariknya spot wisata Jogja yang satu ini? Berikut ulasan selengkapnya!

Arena Olahraga

Di Jogja, Alun-Alun Selatan dimanfaatkan warga menjadi arena olahraga. Umumnya warga akan berolahraga di pagi atau sore hari, mulai dari jogging, senam, latihan pernafasan maupun arena untuk bermain sepak bola. Selain itu Alun-Alun Selatan juga kerap dipilih sebagai area olahraga anak sekolah. Khusus untuk senam dan latihan pernafasan umumnya dilakukan di minggu pagi. Asyik lho senam bareng-bareng di sini. Dapet segernya, dapet sehatnya! Gratis pula!

Masangin

Masangin
Masangin ensiklopediaindonesia.com

Belum lengkap rasanya ke Jogja tanpa menikmati permainan unik bernama Masangin. Masangin merupakan permainan unik yang dilakukan dengan mata tertutup. Nantinya, para pemain Masangin akan berusaha menerobos jalan yang berada di tengah-tengah pohon beringin. Saat start dimulai, para pemain Masangin memang mengambil posisi yang lurus dengan jalan di tengah kedua pohon beringin. Selanjutnya, para pemain masangin tinggal berjalan saja menuju area di tengah pohon beringin. Jangan salah ya, meski terkesan mudah, tidak jarang para pemain ini akan belok ke kiri ataupun ke kanan. Konon katanya, orang yang bisa melewati area di tengah beringin itu cita-citanya akan terkabul.

Keliling Alun-Alun

Odong-Odong
Odong-Odong krjogja.com

Lain ceritanya jika malam Minggu tiba. Kawasan Alun-Alun Selatan Jogja akan dipenuhi dengan odong-odong hias aneka rupa, lengkap dengan kerlap kerlip lampu hias yang semakin menambah semarak suasana. Kalau saya sih lebih memilih untuk datang diluar akhir pekan. Selain tidak macet, keliling alun-alun pun terasa lebih leluasa. Selain becak, ada pula penyewaan sepeda hiasnya juga lho!  Asyik deh!

Wisata Kuliner

Cilok Gajahan
Cilok Gajahan http://www.anishidayah.com

Selain itu, Alun-Alun Selatan Jogja juga dimanfaatkan warga sebagai lahan untuk berjualan makanan. Tak ayal di sepanjang kawasan alun-alun Anda dapat menemui beragam kuliner mulai dari makanan berat seperti soto ataupun nasi dengan beragam lauk hingga jajajan murah meriah seperti beragam jenis gorengan. Diantara beragam camilan yang dijajakan di sini, cilok gajahanlah yang paling ditunggu. Jadi jangan kaget jika Anda harus rela mengantri untuk sekedar mencicipi cilok yang dijual di depan area yang dulunya merupakan kandang gajah itu.

 

Lomba

Selain itu, Alun-Alun Selatan Jogja juga kerap didaulat sebagai arena lomba. Salah satunya adalah lomba kicau burung. Kalau lagi ada event gini, selain dapat menikmati berlangsungnya acara, Anda juga dapat berburu foto dengan ragam angle yang menarik. Jadi kapan nih mau ke Jogja lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s