Pesona Wisata Sejarah di Kota Jogja

Sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah di Indonesia, Jogja menawarkan begitu banyak tempat wisata bersejarah yang menarik untuk diulik. Mulai dari kompleks Keraton Yogyakarta beserta pemandiannya yang begitu mempesona hingga objek wisata sejarah yang baru saja mengalami pemugaran seperti  Situs Warungboto yang berada tidak jauh dari Gembira Loka Zoo itu. Yuk kenalan lebih lanjut!

Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja
Keraton Jogja panduanwisata

Keraton Yogyakarta atau yang kerap disingkat dengan sebutan Keraton Jogja atau bahkan Keraton saja ini merupakan objek wisata paling bersejarah di Jogja. Pasalnya selain menyajikan gambaran peradaban masa lalu, satu-satunya kerajaan di Jogja ini masih menjadi slaah satu kerajaan yang disegani baik di tingkat nasional maupun internasional. Jika sedang beruntung, pengunjung tak hanya dapat melihat pesona kerajaan Jogja ini, melainkan dapat pula menikmati pertunjukan tarian khas Jogja lengkap dnegan iringan gamelan dan merdunya suara para sinden.

Kompleks Pemandian Taman Sari

Tidak hanya keraton saja yang menjadi incaran para penikmat wisata sejarah yang tengah berkunjung di Jogja. Namun kompleks pemandian yang dimiliki keraton pun menjadi objek wisata yang ramai diserbu wisatawan. Taman Sari namanya. Selain instragrambale untuk diletakkan di sosial media, Anda juga dapat menikmati berbagai destinasi wisata lain yang berada tak jauh dari Taman Sari seperti Plaza Ngasem ataupun kompleks ruko yang menjajakan beragam produk khas Jogja, mulai dari batik, kaos lukis hingga ragam kuliner yang lezat.

Museum Ulen Sentalu

Selain di Keraton, Jogja juga menawarkan puluhan museum yang menawarkan berbagai koleksi tersendiri. Salah satu yang banyak diminati wisatawan adalah Museum Ulen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Sleman. Ulen Sentalu menawarkan koleksi sejarah mulai dari lukisan dari keraton ataupun seniman ISI, syair-syair milik GRAj Koes Sapariyam. Selain itu, lokasi museum yang berada di kaki Gunung Merapi juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya selain sejuk, tempat ini juga melewati beberapa pusat kuliner Jogja seperti Jadah Mbah Carik hingga wisata Jamu Merapi Farma Herbal.

Situs Warungboto

Situs Warungboto
Situs Warungboto twitter.com

Selain itu, Jogja juga melakukan pemugaran atas berbagai situs bersejarah yang berada di kota gudeg ini. Salah atunya adalah Situs Warungboto yang terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Warungbroto, Kecamatan Umbulharjo, tak jauh dari Gembira Loka Zoo ini. Situs bersejarah yang dibangun sekitar tahun 1880 ini merupakan tempat peristirahatan oleh Hamengku Buwono II. Situs Warungboto memiliki taman air lengkap dengan dua area kolam yang berukuran cukup luas. Usai dipugar, tempat ini langsung mengiasi berbagai kanal media sosial.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s