Wisata Edukasi di Jogja Asyiknya Kemana Ya?

Sebagai kota pelajar, Jogja juga menawarkan beragam pilihan wisata edukatif yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Berencana melakukan perjalanan serupa? Coba tengok beberapa destinasi wisata edukiatif ini! Tinggal cocokkan saja dengan selera wisata keluarga Anda! Kalau soal harga, Jogja itu gudangnya wisata murah! Yuk tengok segera!

Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar ibarat wisata yang menyuguhkan beragam ilmu pengetahuan yang bagi setiap pengunjung. Berbagai objek edukasi di Taman Pintar dapat menjadi tambahan media pembelajaran bagi anak usia pra sekolah hingga SMA. Tempat wisata edukatif khas Jogja ini menawarkan berbagai gedung edukatif mulai dari Play Ground, Gedung PAUD, Gedung Oval, Gedung kotak dan Gedumg Memorabilia yang menawarkan wahana pembelajaran yang berbeda- beda, seperti wahana Indonesiaku, titian sains, titian penemuan, jembatan sains dan masih banyak lagi.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Gembira Loka Zoo

Lain halnya dengan Gembira Loka Zoo. Kebun binatang kebanggaan warga Jogja ini menawarkan wisata edukatif melalui pengenalan satwa dunia lengkap dengan arena permainan yang menarik seperti Kapal Katamaran, Perahu Kayuh, Banana Orca, Perahu Boat, Sepeda Air, Perahu Senggol hingga Sekuter Air. Selain itu, Gembira Loka Zoo juga terus melakukan berbagai inovasi seperti menambah area baru bernama Taman Burung serta mendatangkan Jack, sia African Pinguin yang lucu. Kalau mau muter-muter dulu, bisa naik taring, si transport keliling berbentuk kereta mini.

Museum Gunung Merapi

Dibalik bencana yang ada, kawasan Merapi menawarkan edukasi dini sekaligus wahana konservasi bernama Museum Gunung Merapi. Selain itu, museum kenamaan ini juga menjadi ruang pengembangan terkait dengan kebencanaan.Museum ini terdiri dari dua lantai dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap sebagai media pembelajaran.

Museum Sisa Hartaku

Lain halnya dengan Museum Sisa Hartaku atau yang dikenal pula dengan sebutan Monumen The House of Memory. Sesuai dengan namanya, museum ini berisikan berbagai sisa harta benda yang menjadi korban awan panas Gunung Merapi. Meja, kursi, peralatan makan hingga kerangka hewan ternak milik warga ada di sini.

Wisata “Gula” di Madukismo

Lori
Lori pbio.uad.ac.id

Selain itu, Jogja juga punya area wisata edukasi yang cukup unik di Pabrik Gula Madukismo. Tempat ini kerap menjadi area wisata edukasi yang dikunjungi berbagai sekolah maupun universitas. Selain dapat mengetahui tata  cara produksi gula, wisatawan juga dapat menikmati jalan-jalan bersama lori. Lori merupakan sebutan untuk kereta khusus yang digunakan untuk  mengangkut tanaman tebu yang tidak lain merupakan bahan dasar pembuatan gula pasir.

Seru kan? Yakin nih nggak mau nyobain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s