Ke Malioboro Itu Asyiknya Ngapain Aja Sih?

Dari sekian banyak tempat wisata di Jogja, Malioboro tetap menjadi salah satu destinasi terfavorit. Selain letaknya yang begitu strategis, Malioboro juga melakukan berbagai inovasi yang semakin menambah nyaman wisatawan. Selain membuat Taman parkir Abu Bakar Ali, beberapa waktu lalu dilakukan pula perbaikan jalan untuk para pedestrian atau pejalan kaki. Karena trotoar sudah bebas dari sepeda motor kini jalan-jalan di Malioboro pun semakin asyik. Kalau sudah sampai ke Malioboro enaknya ngapain aja ya?

Belanja!

Malioboro dikenal sebagai gudangnya pusat oleh-oleh Jogja. Mau batik ada. Pun mau koleksi benda nyeni khas Jogja juga banyak. Tinggal pilih harga yang sesuai dengan anggaran yang disediakan. Kalau dari Jogja sih biasanya ditagih bakpia atau kaos bertuliskan kata-kata khas Jogja. Oiya, kalau mau beli minuman tradisional seperti wedang uwuh ataupun jamu juga ada. Tinggal datang saja ke Mirota Batik yang ada di dekat Gedung Agung.

Berburu Street Photography

Nah sembari jalan-jalan, sebenarnya Anda bisa melakukan street photography juga. Ibarat sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Jadi sekalian belanja kan bisa foto-foto juga. Kalau bisa menang lomba, kan asyik ya? Apalagi sepanjang kawasan malioboro kini ramah untuk para pejalan kaki. Jadi tinggal jepret sana, jepret sini saja.

Makan Pecel Senggol

Pecel Senggol Pasar Beringharjo www.indrindro.com
Pecel Senggol Pasar Beringharjo http://www.indrindro.comwww.indrindro.com

Selain sebagai salah satu pusat perbelanjaan ternama di Jogja, Malioboro juga dikenal dengan keragaman kulinernya. Salah satu kuliner legendaris di kawasan ini adalah pecel senggol. Nama pecel senggol sendiri terinspirasi dari padatnya aktivitas di kawasan Malioboro. Saking padatnya, umumnya pembeli yang makan di sini akan bersenggolan dengan pembeli atau pengunjung lainnya. Jadilah nama pecel senggol tersemat pada pecel yang ada di depan Pasar Beringharjo ini.

Nyicip Putu Ayu

Lain halnya jika Anda datang saat sore hari. Kalau pagi dan siang bisa nyicip pecel, kalau sore hari Anda bisa nyicip putu ayu ataupun sate kere yang banyak dijual di pinggiran Malioboro. Kalau sore hari, banyak kok wisatawan yang sengaja datang hanya untuk menikmati senja di titik nol Jogja.

Keliling Kota dengan Alat Transportasi Tradisional

Keseruan Naik Andong
Keseruan Naik Andong hamazzakoentjoro.wordpress.com

Usai makan dan belanja sih asyiknya menikmati Jogja dengan andong ataupun becak. Dengan moda transportasi tradisional ini Anda dapat melewati berbagai ikon wisata kota gudeg dengan harga yang bersahabat. Apalagi kalau ada barengannya. Selain tambah teman, akan berpengaruh pula pada harga yang harus dibayar. Harga patungan tentu lebih murah dari harga sendirian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s