Wisata Alun-Alun di Berbagai Sudut Kota Jogja

Umumnya setiap kota di Indonesia memiliki tanah lapang yang dikenal luas dengan sebutan lapangan ataupun alun-alun. Jogja pun demikian. Kota cantik ini memiliki dua buah alun-alun yang letaknya cukup berdekatan. Di sisi utara yang berdekatan dengan kawasan malioboro dikenal dengan nama Alun-Alun Utara, yang dikenal luas dengan sebutan Alun-Alun Lor ataupun Alun-Alun Gede. Sedangkan yang terletak di dekat Plengkung Gading dinamakan Alun-Alun Selatan, yang dikenal luas dengan sebutan Alun-Alun Kidul ataupun Alun-Alun Cilik.

Alun-Alun Utara Jogja

Sekaten
Sekaten panduanwisata

Sesuai dengan namanya, Alun-Alun Utara Jogja berada di bagian utara Jogja, tepatnya di sisi utara Keraton. Selain menjadi arena olahraga warga, Alun-Alun Utara kerap digunakan dalam berbagai event tahunan Jogja. Sekaten misalnya. Sekaten merupakan sebuah acara yang digelar untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara ini dihelat setiap tanggal 5 bulan Maulid atau Mulud (kalender Jawa). Nama Sekaten sendiri diambil dari kata syahadatain atau dua kalimat syahadat. Tahun ini Sekaten di Jogja akan digelar mulai 18 November hingga 11 Desember 2016 nanti. Yuk dicatat biar nggak kelewat!

Alun-Alun Selatan Jogja

Masangin
Masangin ensiklopediaindonesia.com

Lain utara, lain pula selatan. Alun-Alun Selatan merupakan area wisata di Jogja yang dikenal dengan Masanginnya. Itu loh permainan unik yang dilakukan dengan menutup mata lalu mencoba berjalan melewati jalan yang berada diantara dua pohon beringin. Konon katanya kalau bisa melewati area ini maka cita-cita yang selama ini diidamkan akan terkabul. Udah pernah nyobain Masangin belum?

Lapangan Karang Kotagede

Sate Karang
Sate Karang makanjogja.com

Selain itu, berbagai sudut kota Jogja juga memiliki beragam tanah lapang lainnya. Salah satunya adalah Lapangan Karang yang berada di kawasan Kotagede. Selain dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan perak, Kotagede juga dikenal karena pesona kulinernya. Salah satu kegiatan paling asyik yang dapat dilakukan di Lapanga Karang adalah wisata kuliner. Lapangan Karang dikenal dengan sate karangnya. Sate karang merupakan sate daging sapi khas Kotagede. Tidak seperti sate pada umumnya, penyajian potongan lontong pada sate karang dilengkapi dengan kuah sayur tempe. Sedangkan satenya disajikan bersama dengan bumbu kacang.

Alun-Alun Bantul

Lain halnya dnegan Alun-Alun yang terletak di Kabupaten Bantul. Kalau di sini yang banyak dicari adalah cemilan ataupun minumannya seperti cilok, batagor, gorengan dan tentu saja wedang rondenya. Kalau mau keliling alun-alun naik odong-odong hias pun bisa. Udah keliling mana aja nih saat di Jogja?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s