Wisata Religi di Bali Bisa Kemana Aja Sih?

Bali memang dikenal dengan wisata budaya yang cukup mendunia. Nuansa tradisional yang masih terjaga inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata di pulau cantik ini. Tak jarang pula wisatawan memasukkan destinasi wisata religi di Bali sebagai salah satu daftar tempat wisata dalam itinerary saat liburan di Pulau Dewata. Bisa kemana aja sih saat ingin berwisata religi di Bali? Beriku informasi selengkapnya!

Pura Paluang

Pura Paluang
Pura Paluang http://www.klungkungkab.go.id

Pula Paluang merupakan salahsatu pura unik di Bali. Pasalnya di pura ini terdapat pelinggih yang menyerupai mobil jenis Jimny dan PW Kodok. Keunikan pelinggih inilah yang membuat pura di Dusun Karang Dawa, Pulau Nusa Penida, Bali ini banyak menarik perhatian masyarakat luas. Jika ingin berkunjung ke Pura Paluang, Anda harus menyeberang melalui Pelabuhan Pantai Sanur dengan menggunakan Speed Boat menuju pelabuhan di Nusa Penida.

Pura Catur Lokapala

Pura yang dibangun dengan konsep sebagai pelindung bagi empat alam yang dikuasai oleh empat pemuka Dewa ini menawarkan kesejukan dan keindahan khas Pulau Dewata.  Apalagi di sekitar Pura juga terdapat sejuknya danau buatan semakin menambah kesejukan di sekitar kawasan Pura. Anda dapat mengunjungi Pura Catur Lokapala di Desa Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

Pura Ulun Mumbul

Pura Ulun  Mumbul berada di area hijau nan asri bernama Taman Mumbul. Pura Ulun Mumbul sendiri terletak di tengah danau di antara Taman Mumbul tersebut. Taman Mumbul dan Pura Ulun Mumbul dikenal sebagai merupakan sebuah kawasan suci, yang kerap dipergunakan untuk melangsungkan  Upacara Melasti.  Pura yang terdapat di desa wisata Sangeh, Abiansemal, Badung ini dapat dijangkau dari kota Denpasar dalam waktu kurang lebih 60 menit saja.

Pura Dalem Balingkang

Selain dapat menikmati wisata religi, di pura ini Anda juga dapat menyaksikan berbagai bangunan lainnya seperti Paruman Agung hingga melihat pelinggih Ratu Ayu Subandar. Di pura yang ebrada di Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli ini Anda juga bangunan peribadatan khas Tionghoa. Karena itulah tempat ini menawarkan sensasi multikultural yang begitu  kental.

Klenteng Ling Li Miao

Klenteng Ling Sii Miao
Klenteng Ling Sii Miao http://www.dewatanews.com

Selain pura, Bali juga memiliki klenteng yang tidak lain merupakan tempat ibadah masyarakat Tionghoa. Uniknya lagi nih, di dalam klenteng ini ternyata ada puranya juga lho! Klenteng yang berada di Tanah Kilap, Pemogan, Denpasar Selatan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, namun digunakan pula senagai tempat berkumpul masyarakat Tionghoa di Bali saat ingin membahas berbagai hal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s