Masakan Khas Banten yang Sukses Bikin Ngiler !

Menikmati wisata kuliner setiap kali travelling ibarat pesona wisata yang tak tak ada habisnya. Wisata kuliner Banten misalnya. Meski ada beragam jenis wisata kuliner kekinian yang ditawarkan, namun Banten juga dikenal dengan berbagai makanan tradisional yang masih eksis hingga kini. Apa saja sih jajanan khas Banten yang tersohor itu? Berikut ceklistnya!

Sate Bandeng

Sate Bandeng
Sate Bandeng kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sebagai kawasan kepulauan, banyak wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan lautan, tidak terkecuali dnegan Banten. Karena itulah makanan tradisional khas Banten tidak luput dari kuliner laut. Sate bandeng misalnya. Makanan yang konon sudah ada sejak abad ke-16 ini akan memanjakan kelezatan sate ikan bandeng berbumbu rempah tanpa duri dan bau amis. Meski tak berbumbu kacang seperti sate pada umumnya, namun citarasa sate bandeng khas Banten ini tak perlu diragukan lagi.

Pecak Bandeng

Selain sate bandeng, ada pula pecak bandeng. Pecak bandeng dibuat dengan membakar ikan bandeg lalu mencampurnya dengan sambal pedas berbumbu rempah.

Sate Bebek

Selain sate bandeng, pesona kuliner Banten juga dimeriahkan dengan keberadaan sate bebek Cibeber. Sate yang terbuat dari potongan daging bebek ini dikombinasikan dengan kuah gula merah berbumbu rempah.

Ketan Bintul

Ketan bintul merupakan makanan khas Banten yang dapat ditemui saat Bulan ramadhan tiba. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari ketan yang ditanak kemudian dipotong persegi. Dalam penyajiannya, ketan bintul disajikan dengan serundeng kelapa dan daging dan kuah empal sapi ataupun kerbau. Kebayang gimana lezatnya kan?

Nasi Sumsum

Kelezatan makanan khas Banten tidak berhenti sampai di sini. Selain tiga makanan tadi, masih ada banyak makanan khas Banten lainnya yang menawarkan citarasa makanan yang tak kalah lezatnya. Nasi sumsum misalnya. Sesuai dengan namanya, nasi sumsum dibuat dengan mencampurkan nasi dengan bumbu rempah dan campuran sumsum tulang kerbau. Campuran ketiga bahan tersebut akan dibakar hingga matang.

Rabeg Banten

Rabeg Banten
Rabeg Banten http://www.bantenin.com

Konon, rabeg merupakan salah satu makanan khas Banten yang ada sejak jaman Sultan Maulana Hasanuddin lho! Rabeg merupakan olahan daging dan jerohan kambing yang dimasak pedas tanpa menggunakan santan. Paduan bumbu rempah pada rabeg membuat citarasa makanan ini begitu istimewa. Cocok dinikmati bersama nasi hangat.

Jadi kapan nih mau icip-icip kuliner Banten lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s