Pilihan Wisata Kuliner Khas Gresik

Selain menawarkan berbagai wisata alam dengan panorama alam memukau seperti Pulau Bawean, Pantai Delegan dan Bukit Jamur, pesona wisata Gresik juga diramaikan dengan beragam citarasa kuliner khas yang dikenal lezat. Untuk makanan beratnya ada nasi krawu, sego rumo atapun nasi karak. Sedangkan untuk makanan ringannya ada otak-otak bandeng, simpying, bonggolan dan masih banyak lagi. Yuk kenalan satu-satu!

Nasi Krawu

Sego Karak
Sego Karak http://www.emakmbolang.com

Makanan yang satu ini tentu bukan merupakan kuliner yang asing lagi. Pasalnya kelezatan nasi krawu sudah tersebar di berbagai tempat, bahkan diluar Gresik sekalipun. Nasi hangat bertabur lauk seperti serundeng, jeroan sapi ataupun semur daging ini akan terasa lebih nikmat dengan kehadiran sambal yang sedap.

Sego Rumo

Lain halnya dengan sego rumo. Kalau makanan yang satu ini dibuat dengan menambahkan lontong dengan kuah kental dan kerupuk kulit. Salah satu keunikan sego rumo juga terletak pada cara penyajiannya yang dilakukan dengan menggunakan “piring” berupa pincukan daun pisang.

Nasi Karak

Gresik juga memiliki kuliner unik bernama nasi karak. Nasi yang satu ini dibuat dengan menanak kembali nasi kering bersama dnegan ketan hitam. Selanjutnya, nasi karak akan disajikan dengan serundeng, tempe tepung dan parutan kelapa. Jadi dalam sekali hap, Anda dapat menikmati paduan rasa manis dan gurih yang lezat.

Otak-Otak Bandeng

Otak Otak Bandeng
Otak Otak Bandeng gresik-bandeng.blogspot.co.id

Sebagai salah satu bagian dari kawasan maritim, Gresik juga memiliki beberapa olahan laut kenamaan. Salah satunya adalah otak-otak bandeng. Makanan yang dibuat dari daging bandeng ini nantinya akan diberi bumbu rempah hingga menawarkan citarasa kuliner yang lezat. Terdapat dua pilihan penyajian otak-otak bandeng, yaitu digoreng dan dibakar.

Simping

Ada pula olahan kerang bernama simping. Seafood yang satu ini dibuat dnegan mencampurkan kerang dengan bumbu rempah. Selain lezat, memakan symping langsung dari kerangnya tentu menimbulkan keasyikan tersendiri. Selain cocok untuk lauk, makanan ini juga dapat dijadikan alternatif camilan saat berwaisata kuliner di Gresik.

Bonggolan

Gresik juga punya kerupuk khas bernama bonggolan. Meski sekilas terlihat mirip pempek, namun usai digoreng, bonggolan menawarkan citarasa yang berbeda dengan pempek. Di Gresik, Anda dapat menemukan bonggolan mentah ataupun yang sudah siap santap.

Jadi kapan nih mau kulineran ke Gresik lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s