Mengulik Pesona Wisata Sejarah di Blitar

Wisata Jawa Timur tak bisa dipisahkan dari pesona wisata Blitar. Selain menawarkan banyak tempat wisata yang begitu instagramable, Blitar juga menawarkan pesona wisata sejarah yang menawan, mulai dari bangunan-bangunan yang berkaitan dengan Presiden Pertama RI, Soekarno hingga candi kenamaan yang konon katanya digunakan Patih Gajah Mada saat mengucapkan Sumpah Palapa! Yakin nggak penasaran?

Makam Bung Karno

Hingga saat ini, Makam Bung Barno masih banyak dikunjungi para wisatawan yang sengaja datang untuk berziarah ke makam. Makam Bung Karno diletakkan di sebuah bangunan yang sekilas memiliki bentuk seperti joglo.

Perpustakaan dan Museum Bung Karno

Perpustakaan dan Museum Bung Karno
Perpustakaan dan Museum Bung Karno visitblitar.com

Selain Area Pemakaman Bung Karno, Blitar juga memiliki Perpustakaan dan Museum Bung Karno yang terletak di Jalan Kalasan No 1. Sesuai dengan namanya, tempat yang merupakan pusat studi terpadu ini menawarkan berbagai koleksi yang berkaitan erat dengan sosok Bung Karno, mulai dari lukisan, mata uang bergambar Bung Karno, patung yang menggambarkan sosok Presiden Pertama Indonesia ini hingga koleksi buku lengkap dengan ruang bacanya.

Istana Gebang

Istana Gebang merupakan bangunan yang erat kaitannya dengan masa kecil Bung Karno. Istana Gebang tidak lain merupakan rumah masa kecil Bung Karno yang terletak di Jalan Sultan Agung No 29. Meski terkesan sederhana, namun berbagai perabootan rumah tangga di Istana Gebang akan menghantarkan Anda pada suasana tempo dulu yang begitu istimewa. Penasaran? Datang saja ke Jalan Sulta Agung No. 29.

Monumen Supriyadi

Selain Bung Karno, ada lagi sosok pahlawan yang diangkat menjadi sebuah nama monumen, Supriyadi namanya. Sosok pahlawan PETA ini dikenal begitu heroik dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Jasa Supriyadi beserta seluruh tentara PETA akhirnya diapresiasi dengan membuat monumen bernama Monumen Supriyadi. Setiap tahunnya, monumen yang berada di Jalan Soedanco Supriyadi, Sananwetan, Blitar ini akan diramaikan dengan pementsan Teater Pemberontakan PETA.

Candi Penataran

Candi Penataran
Candi Penataran candi1001.blogspot.co.id

Selain wisata kepahlawanan, jejak wisata sejarah Blitar juga memiliki sebuah kompleks candi bernama Candi Penataran. Konon katanya, Candi Penataran merupakan kompleks Candi terbesat di Blitar. Salah satu keunikan candi ini terletak pada legenda yang mengatakan bahwa tempat inilah yang digunakan Gajah mada saat mengucapkan Sumpah Palapa. Wah bikin penasaran ya?

Yuk agendain untuk menikmati wisata sejarah ke Blitar lagi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s