Yuk Icip-Icip Kuliner Khas Banyuwangi !

Selain menawarkan berbagai tempat wisata yang oke punya, Banyuwangi juga menawarkan puluhan kuliner yang lezat yang tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja. Yang mau wisata kuliner ke Banyuwangi, yuk tengok dulu daftar makanan enak Banyuwangi berikut ini!

Sego Tempong

Dalam kosakata lokal, sego berarti nasi, sedangkan tempong berarti tempeleng. Namun tempeleng disini dikonotasikan pada citarasa sambal yang super pedas yang disajikan pada sego tempong. Jadilah orang yang menikmati makanan ini akan merasakan citarasa pecdas layaknya orang yang baru saja ditempeleng. Selain disajikan dengan sayuran, nasi tempong dilengkapi dengan berbagai lauk  yang mengundang selera seperti tahu dan goreng, perkedel jagung, ikan asin dan sambal ekstra pedas tadi.

Sego Cawuk

Nama cawuk dalam kuliner ini sebenarnya mengacu pada cara makan yang tidak menggunakan sendok, melainkan langsung menggunakan tangan. Nasi cawuk akan disajikan dengan kuah pindang yang lezat. Meski demikian Anda juga dapat meminta lauk tambahan sesuai selera.

Rujak Soto
Rujak Soto resepmasakan14.blogspot.co.id

Rujak Soto

Rujak soto merupakan makanan paling populer di Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, rujak soto menawarkan citarasa perpaduan lezatnya soto dengan aneka sayuran plus kuah soto yang ditambah dengan kuah kacang. Kalau soto biasanya menggunakan nasi, rujak soto menggunakan lontong. Oiya, kuah soto yang digunakan adalah kuah soto babat. Jadi selain berbagai komposisi di atas, Anda juga akan menemukan potongan babat yang lezat.

 

Pecel Pitik

Dalam seporsi pecel pitik Anda akan menemukan nasi yang diberi lauk ayam berbumbu unik. Usai dibakar, ayam akan dimasak dengan kombinasi parutan kelapa, kacang yang telah dihaluskan dan bumbu rempah. Selanjutnya ayam akan dimasak dengan air kelapa. Kebayang nggak sih gimana lezatnya makanan Banyuwangi yang satu ini?

 

Kue Bagiak

Bagiak
Bagiak http://www.titik0km.com

Nama bagiak sendiri sebenarnya mengacu pada kata bahagia. Dulunya kue ini dibuat sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan, namun seiring berjalannya waktu Kue Bagiak menjadi salah satu makanan khas Banyuwangi yang mudah didapat di berbagai pusat oleh-oleh di Banyuwangi. Selain dapat dijadikan pilihan oleh-oleh dari Banyuwangi, kue berbentuk lonjong yang berukuran seruas jari orang dewasa ini dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang banyak diminati wisatawan.

Pia Glenmore

Ternyata Banyuwangi juga memiliki pia lho! Namanya Pia glenmore. Kini pia kenamaan ini memiliki 11 varian rasa, mulai dari rasa original hingga kacang merah, pisang keju ataupun rasa buah lainnya.

Yuk jalan-jalan ke Banyuwangi lagi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s