Berencana Liburan Ke Pacitan? Nih Daftar Lengkap Makanan Khas Beserta Oleh-Olehnya!

Kini pesona Pacitan semakin menarik! Selain dikenal sebagai kota 1001 goa, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga memiliki berbagai ikon kuliner yang begitu terkenal. Nggak lengkap rasanya jalan-jalan ke Pacitan tanpa mencicipi makanan khas yang begitu hits berikut ini. Oiya, beberapa diantaranya juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh lho!

Nasi Thiwul

Nasi Thiwul
Nasi Thiwul hestirahmawati05.wordpress.com

Ternyata thiwul bukan hanya makanan khas Gunungkidul saja, namun di Pacitan juga. Bedanya, kalau di Gunungkidul thiwul hanya dinikmati dengan gurihnya kelapa parut, nah di Pacitan thiwul dikonsumsi layaknya nasi, yang disajikan dengan berbagai lauk yang menggugah selera seperti ikan bakar, sambal, lalapan hingga urap.

Soto Pacitan

Kelezatan soto pacitan terletak pada kombinasi citarasa kuah beningnya dengan berbagai topping lezat yang digunakan mulai dari suwiran ayam kampung, seledri, bawang dan kacang gorengnya.

Tahu Tuna

Sebagai salah satu kawasan yang memiliki banyak spot wisata pantai, Pacitan juga dikenal dengan kuliner lautnya. Salah satu olahan laut yang begitu legendaris di sini adalah tahu ikan tuna. Kalau biasanya tahu diberi isian campuran ayam atau daging sapi, di Pacitan ikan tunalah yang menjadi isiannya. Selain digoreng, tahu tuna juga nikmat disajikan layaknya siomay.

Kupat Tahu

Ternyata kupat tahu merupakan salah satu makanan khas Pacitan lho! Yang suka kuliner bercitarasa manis dan pedas, cicipi saja kupat tahu. Seporsi kupat tahu terdiri dari potongan kupat, tahu, potongan kol dan taoge yang disajikan dengan kuah gula kecap yang sedap. Selain itu kupat tahu akan diberi taburan bawang goreng dan juga kerupuk.

Tahu Bakar

Kuliner tahu memang identik dengan Pacitan. Selain tahu tuna, Pacitan juga punya makanan khas berupa tahu bakar. Setelah dibakar, tahu akan disajikan dengan sambal kecap. Umumnya penjual tahu bakar juga menjual jadah bakar. Jadi sekali jajan, Anda dapat mencicipi dua kuliner sekaligus. Ada yang unik dengan jadah bakar di Pacitan. Kalau di Jogja jadah akan dikonsumsi dengan baceman, di Pacitan jadah bakar akan dinikmati bersama gula pasir.

Sale Anggur

Sale Pisang
Sale Pisang pacitanparadise99.blogspot.co.id

Terakhir ada sale anggur, sebuah makanan ringan khas Pacitan yang kerap dijadikan buah tangan para wisatawan. Tidak seperti makanan lainnya, sale anggur dibentuk bulat dan dikemas beruntun layaknya buah anggur. Karena itulah sale khas Pacitan ini dinamakan sale anggur. Selain tidak makan tempat, sale anggur bisa bertahan hingga beberapa bulan lho! Karena itulah makanan ini kerap menjadi pilihan oleh-oleh para wisatawan.

Sudah pernah ke Pacitan belum?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s