Pengen Kulineran Saat di Bojonegoro? Ini Dia List Makanan Lezatnya!

Kurang lengkap rasanya liburan tanpa kulineran. Begitu pula saat Anda berkesempatan menikmati pesona wisata Bojonegoro. Kawasan yang dikenal dengan pesona Negeri Atas Anginnya ini ternyata memiliki berbagai kuliner lezat yang sayang jika dilewatkan begitu saja. berencana kulineran saat liburan di Bojonegoro? Yuk kenalan dulu dengan berbagai kuliner lezatnya berikut ini!

 

Pecel Mekarsari

Pecel Mekarsari
Pecel Mekarsari twitter.com

Pecel Mekarsari merupakan kuliner pecel paling hits seBojonegoro.Pecel yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto ini dapat menjadi alternatif sarapan sehat saat berlibur di Bojonegoro. Tambahan rempeyek kacang dan belut goreng semakin menambah lezat pecel khas bojonegoro yang satu ini.

Serabi Bojonegoro

Selain Bandung dan Solo, serabi juga menjadi makanan khas di kawasan Bojonegoro. Serabi Bojonegoro dibuat saat ada pesanan. Jadi wisatawan dapat menikmati makanan khas yang satu ini selagi masih hangat. Umumnya serabi santan khas Bojonegoro akan disajikan bersama dengan ketan ataupun kopi hitam. Nantinya serabi akan disajikan bersama dengan gurihnya parutan kelapa, sedangkan ketan dapat dinikmati bersama dengan sambal yang terbuat dari serbuk kedelai. Kalau mau serabi pedas, tinggal ditambah dengan topping yang serupa dengan topping ketan.

Wedang Tape

Wedang tape merupakan salah satu minuman khas Bojonegoro yang begitu melegenda. Ada yang berbeda dengan wedang tape di Bojonegoro. Kalau umumnya wedang tape biasa hanya dibuat dari campuran tape hijau dan air gula saja, namun wedang tape Bojonegoro dibuat dari tape ketan hitam yang nantinya disajikan bersama dengan kuah santan panas. Gurih, manis dan asamnya tape semakin menambah nikmat minuman legendaris yang satu ini.

Bakwan Mr Gundule

Bakwan Mr. Gundule
Bakwan Mr. Gundule tempatwisaata.com

Bakwan Mr Gundule merupakan kuliber lezat khas Bojonegoro. Meski bernama bakwan, namun Bakwan Mr Gundule merupakan makanan berkuah yang sekilas mirip dengan Bakwan Malang. Karena merupakan salah satu makanan populer di Bojonegoro, jadi jangan heran jika harus mengantri saat ingin mencicipi kelezatan Bakwan Mr Gundule.

 

Putu Ayu

Bojonegoro dikenal dengan berbagai kuliner lawas yang legendaris. Salah satunya adalah kue putu ayu yang dikenal pula dengan sebutan kue putu bambu. Camilan pengganjal perut yang satu ini umumnya dijual saat sore hari.

Getuk Lindri

Seperti daerah lainnya, getuk lindri dapat ditemui di berbagai pasar tradisional di Bojonegoro. Saking hitsnya kuliner Bojonegoro yang satu ini, Bojonegoro juga memiliki festival kuliner bertajuk “Festival Gethuk”.

Ledre

Bojonegoro juga memiliki camilan unik bernama ledre. Makanan yang sekilas mirip dengan kue semprong ini dibuat dari adonan tepung terigu, tepung berasm gula dan pisang raja sebagai perasa. Setelah digoreng tipis, makanan ini akan digulung layaknya kue semprong.

Yuk kulineran ke Bojonegoro lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s