Makanan dan Minuman Legendaris Khas Ponorogo

Selain kesenian Reog, kuliner Ponorogo juga dikenal begitu istimewa. Buktinya makanan-makanan legendaris khas Ponorogo masih begitu lestari hingga kini, pun masih banyak digemari para wisatawan yang sengaja meluangkan waktu untuk liburan. Yang berencana wisata kuliner ke Ponorogo, yuk kenalam dulu dengan berbagai makanan legendaris khas Ponorogo berikut ini!

Sate Ayam Ponorogo

Kalau ditanya kuliner apa yang paling famous di Ponorogo, pastilah sate menjadi jawaban teratasnya. Selain berlimpah daging yang empuk dengan bumbu yang meresap sampai ke bagian dalam daging, kuah kacangnya itu lho, nagih banget! Yang suka kuliner daging, tentu sate Ponorogo layak nangkring di urutan pertama dalam daftar makanan yang layak untuk dicoba.

Sate Kopok

Sate Kopok
Sate Kopok http://www.asliponorogo.com

Selain saye ayam, Ponorogo juga punya sate kopok. Dan ternyata, sate ini hanya dapat ditemui di Kecamatan Balong  atau Jetis saja lho! Tidak seperti sate pada umumnya, bumbu sate kopok dicampur dengan santa. Nantinya sate kopok akan disajikan bersama dengan sayur kuning yang berisi tahu, tempedan kacang tolo. Yang penasaran, silahkan meluncur ke Pasar Pahing ataupun Pasar Wage ya!

Gethuk Golan

Gethuk Golan merupakan gethuk unik yang diproduksi di Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Jadi yang mau mencicipi ya wajib ke Golan terlebih dahulu.  Tidak seperti getuk pada umumnya, Getuk golan akan disajikan bersama debgan ketan hitam, parutan kelapa dan juga gula merah cair. Jadi dalam seporsi gethuk khas Ponorogo ini akan ada ciri khas ketan hitam yang menempel pada gethuk.

Tiwul Goreng

Lain Jogja, lain pula Ponorogo. Kalau tiwul khas Jogja dimasak dengan cara dikukus, tiwul Ponorogo diolah dengan cara digoreng. Jadi tiwul goreng disini ibarat pengganti nasi. Nantinya tiwul goreng dapat dinikmati dengan bersama ikan ngongok goreng. Uniknya lagi nih, ternyata ikan ngongok merupakan ikan yang hanya bisa ditemui di Telaga Ngebel saja. Jadilah kuliner ini begitu identik dengan Ponorogo karena hanya dapat dinikmati di Ponorogo saja.

Dawet Jabung

Dawet Jabung
Dawet Jabung ponorogoid.blogspot.co.id

Dawet Jabung merupakan minuman khas yang paling hits di Ponorogo. Dalam seporsi Dawet Jabung Anda dapat menikmati kenyalnya cendol,dan kombinasi gurihnya santan dan sirup yang terbuat dari legen. Ada pula penjual Dawet Jabung yang menambahkan potongan nangka sebagai penambah aroma.

Cemoe

Cemoe merupakan minuman hangat berkuah santan yang diberi topping berupa potongan roti tawar dan kacang goreng. Minuman ini juga diberi susu kental manis, jahe dan daun pandan sebagai perasa sekaligus penambah aroma.

Yuk kulineran ke Ponorogo lagi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s