Menelisik Wisata Sejarah di Kabupaten Sumenep

Selain dikenal memiliki pulau dengan kadar oksigen terbaik di dunia, pesona wisata Sumenep juga menawarkan wisata sejarah yang menarik untuk diulik, mulai dari keraton, museum  hingga kawasan kota tua yang akan menyuguhkan Anda dengan pemandangan eksotis khas jaman dulu. Selain dapat menambah pengetahuan, wisata sejarah juga menyuguhkan berbagai objek yang menarik untuk diabadikan lho! Berikut daftar objek wisata sejarah di Sumenep yang dapat dinikmati saat liburan nanti!

Keraton Sumenep

Semenep juga memiliki keraton yang dibangun oleh Panembahan Sumolo Asirudin Pakunataningrat. Uniknya Keraton Sumenep tidak hanya menawarkan naunsa budaya Islami semata, namun juga menawarkan budaya Cina dan Eropa. Di keraton yang selesai dibangun pada tahun 1780 M ini Anda dapat melihat berbagai peninggalan dari Raja maupun Adipati Sumenep XXXI. Keraton yang tidak mengalami perubahan bentuk semenjak dibangun ini juga dilengkapi dengan pemandian yang dikenal luas dengan sebutan Pemandian Putri Taman Sare.

Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep
Museum Keraton Sumenep aguspurnama300.blogspot.co.id

Sesuai dengan namanya, Museum Keraton Sumenep menyimpan berbagai peninggalan dari keluarga Keraton Sumenep. Salah satu peninggalan sejarah yang menarik perhatian wisatawawan tidak lain adalah keberadaan kereta kuda Kerajaan Sumenep dan kereta kuda pemberian Ratu Inggris yang masih lestari hingga saat ini. Selain itu ada pula berbagai alat yang digunakan untuk upacara mitoni, peralatan perang seperti pedang, senjata kuno hingga baju besi, guci dan keramik asal Tiongkok hingga Al-Qur’an yang ditulis oleh Sultan Abdurrachman.

Tanean Lanjhang

Tanean Lanjhang merupakan pemukiman tradisional Madura yang dapat Anda saksikan dalam perjalanan dari Pantai Lombang ke Pantai Slopeng. Di tengan Tanean Lanjhang terdapat rumah induk yang ditempati oleh orang tertua yang ada pada keluarga. Sebagai penanda, di bagian atap rumah induk akan diberi tanda berupa jengger ayam. Pemukiman tradisional khas Madura ini dihiasi dengan ukiran khas Madura, lukisan bunga yang menggambarkan keharmonisan keluarga hingga surau untuk beribadah. Jika penasaran, datang saja ke Jalan Pantai Lombang, Sumenep.

Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget
Kota Tua Kalianget twitter.com

Ternyata Sumenep juga punya wisata kota tua yang bernama Wisata Kota Tua Kalianget. Kawasan wisata yang berada di timur Kota Sumenep ini menawarkan pesona wisata sejarah yang unik. Pasalnya di sini Anda dapat menikmati berbagai bangunan bernuansa sejarah seperti Pabrik Garam yang dibangun tahun 1899 lalu lengkap dengan berbagai fasilitas untuk para karyawan, pelabuhan Kota Tua Kalianget hingga Loji Kontang, sebuah benteng yang dibangun di masa kolonial.

Jadi kapan nih mau wisata sejarah ke Sumenep lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s