Pengen Wisata Kuliner di Ngawi? Cek Dulu Berbagai Makanan Lezatnya Berikut Ini!

Selain memiliki berbagai pilihan untuk menikmati wisata keluarga, Ngawi juga menawarkan pilihan wisata kuliner yang enak-enak lho! Tak salah jika salah satu kabupaten di Jawa Timur ini banyak diminati para pemburu kuliner nusantara. Yang penasaran gimana lezatnya wisata kuliner di Ngawi, cek segera informasi menarik berikut ini!

Sate Ayam

Kurang lengkap rasanya datang ke Ngawi tanpa icip-icip kelezatan sate ayamnya! Pasalnya kuliner Jawa Timur memang dikenal dengan kelezatan satenya. Sate ayam di kawasan Ngawi cenderung menggunakan kecap yang tergolong minimalis, jadi cocok lah buat penikmat sate yang tidak terlalu menyukai sate bercitarasa manis.

Tahu Tepo

Tahu Tepo
Tahu Tepo http://www.negerikuindonesia.com

Tahu tepo merupakan makanan khas Ngawi yang begitu legendaris. Meski sekilas makanan ini mirip tahu lontong yang banyak dijual di berbagai daerah, namun tahu tepo tetap menawarkan citarasa tersendiri. Selain kuah yang menggugah selera, tahu tepo khas Ngawi ini akan menghadirkan potongan tontong, tahu atau telur yang diberi topping berupa taguge, kol dan seledri serta kacang goreng. Untuk menambah aroma, tahu tepo akan diberi taburan berupa bawang merah goreng dan juga potongan seledri.

Pecel Ngawi

Ngawi juga menawarkan kuliner pecel dengan citarasa yang begitu khas. Pecel Ngawi dikenal dengan bumbu pedasnya. Selain lezat dinikmati bersama dengan nasi panas yang masih mengepul, makanan tradisional yang disajikan menggunakan daun pisang ini akan diberi tambahan topping berupa peyek kacang dan telur asin.

Lethok

Lethok
Lethok seputarkehidupanbunda.blogspot.co.id

Lethok merupakan olahan sambal tumpang khas Ngawi. Lauk yang satu ini semakin beraroma dengan tambahan bumbu berupa kencur, saun jeruk serta potongan tempe semangit yang sengaja dimasukkan ke dalam sayur. Selain berisi tahu, tempe dan rambak kulit sapi, ada pula yang menambahinya dengan telur rebus, baik itu telur ayam ataupun telur puyuh. Makanan ini cocok dinikmati para pecinta kuliner bercitarasa pedas.

Keripik Tempe

Selain itu Ngawi juga memiliki keripik tempe dengan citarasa yang begitu khas. Seperti halnya lethok, keripik tempe Ngawi memiliki citarasa aroma yang begitu khas, yang merupakan perpaduan antara daun jeruk, kencur serta rasa pedas cabai. Karena itulah keripik tempe Ngawi tidak hanya gurih, namun dibumbui aroma dan citarasa pedas yang begitu khas. Karena tahan lama, camilan lezat yang satu ini kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Ngawi.

Jadi nggak perlu bingung-bingung lagi saat berencana kulineran di Ngawi kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s