Makanan-Makanan Enak Dari Sampang

Selain memiliki pulau yang konon diklaim sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia, Sampang juga menawarkan kuliner yang tak kalah lezatnya. Ada bebek songkem, kaldu sumsum hingga berbagai olehan nasi yang tak kalah lezatnya. Yang berencana wisata kuliner di Sampang, yuk kenalan dulu satu per satu!

Bebek Songkem

Beberapa tahun terakhir, kuliner bebek menjadi makanan khas Jawa Timur yang begitu populer. Tak ayal makanan ini pun banyak diburu wisatawan ataupun warga lokal yang menyukai olahan empuk si daging bebek. Selain bebek goreng, ada pula menu bebek yang menjadi primadona wisata Sampang. Bebek Songkem namanya. Bebek Songkem merupakan kuliner bebek kukus yang diramu dengan berbagai rempah pilihan. Selain dikukus berbalut daun pisang, tersedia bebek Songkem goreng. Selain empuk, olahan bebek khas Sampang ini dikenal sangat lezat.

Kaldu Sumsum

Kaldu Sumsum
Kaldu Sumsum wisata-auda.blogspot.co.id

Dari namanya saja sudah terbayang bagaimana gurih dan lezatnya makanan khas Sampang yang satu ini bukan? Kaldu sumsum merupakan makanan yang dibuat dari daging dan tulang sapi pilihan yang direbus dengan berbagai bumbu khas hingga berjam-jam lamanya. Selain dapat menyantap empuknya daging sapi, Anda juga dapat menikmati lezatnya sumsum yang terdapat dalam tulang sapi. Sluuuurp!

Nasi Kobel

Nasi Kobel merupakan olahan nasi yang dulunya kerap dibuat oleh istri nelayan yang berdomisili di Sampang. Seiring dengan berjalannya waktu, makanan ini menjadi salah satu makanan khas di kawasan Sampang. Nasi Kobel dibuat dengan mencampurkan nasi dengan beberapa lauk sederhana seperti ikan laut, sambal kelapa dan ulekan cabe dan garam yang disebut dengan nama buje cabbih.

Nasi Jagung

Selain itu, Sampang juga dikenal dengan nasi jagungnya. Olahan nasi yang dimasak bersama biji jagung ini nantinya akan disajikan dnegan berbagai lauk pilihan seperti olahan pindang ikan, tempe goreng, kering kentang, lalapan dan lezatnya sambal mangga.

Sate Lalat

Sate Lalat
Sate Lalat ferdiannovendra.blogspot.co.id

Pesona kuliner Sampang tak akan lepas dari kelezatan satenya. Sampang memiliki olahan kuliner sate yang dikenal luas dengan nama sate lalat. Sate lalat dibuat dari daging ayam ataupun kambing. Penamaan lalat dikarenakan potongan daging yang digunakan dalam sate dipotong kecil-kecil layaknya lalat. Soal rasa, tak usah ditanya! Karena dipotong kecil-kecil, maka lumuran bumbu akan merasuk hingga ke dalam daging sate.

Jadi kapan nih mau icip-icip kelezatan kuliner khas Sampang ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s