Pesona Kuliner Legendaris Khas Sumenep yang Sayang Jika Dilewatkan

Kuliner nusantara memang tak ada duanya. Pasalnya setiap tempat di Indonesia umumnya menawarkan pesona kuliner tersendiri. Sumenep misalnya. Kota wisata yang dikenal dunia karena pesona Pulau Giliyang dan Gili Labaknya ini juga menawarkan pesona kuliner yang oke punya, mulai dari campur, rujak cingur hingga kelezatan kaldu kokot yang legendaris. Yuk kenalan lebih lanjut!

Campor

Campor
Campor blog.hulaa.com

Campor merupakan makanan paling hits di Sumenep. Sesuai dengan namanya, makanan khas Semenep yang satu ini dibuat dari berbagai campuran bahan makanan mulai dari lontong, singkong, soon dan tulang muda sapi yang diguyur dengan kuah santan dan lezatnya bumbu kacang. Untuk penambah aroma, campor juga diberi taburan berupa potongan daun bawang dan juga bawang goreng. Campor biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan di Sumenep.

Nasi Romi

Selain campor, Sumenep juga memiliki menu sarapan menarik bernama nasi romi. Nasi romi merupakan nasi uduk khas Sumenep yang disajikan bersama dengan potongan telur dadar dan abon.

Rujak Cingur

Sejatinya rujak cingur merupakan rujak yang dibuat dari potongan cingur api yang dikombinasikan dengan berbagai buah seperti mangga, bengkoang dan mentimun. Dalam penyajiannya, rujak cingur akan diberi tambahan berupa kecambah dan kangkung rebus lalu diguyur dengan bumbu kacang yang telah diberi petis. Meski sekilas mirip dengan rujak cingur Surabaya, namun rujak cingur Sumenep tidak menggunakan petis udang seperti halnya rujak cingur Surabaya, melainkan menggunakan petis pindang. Selain menghasilkan warna kuah yang lebih terang, rujak cingur khas Sumenep ini juga terasa lebih gurih.

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot http://www.wisatakuliner.asia

Sumenep juga memiliki kuliner lezat bernama kaldu kokot. Sesuai dengan namanya, kaldu kokot merupakan makanan yang terbuat dari kaldu pilihan yang unik. Pasalnya selain menggunakan daging sapi, pembuatan makanan khas Sumenep ini dibuat dengan mencampurkan kacang hijau ataupun kacang kedelai ke dalam dalam kuah kaldu. Nantinya kaldu kokot akan disajikan bersama dengan bumbu kacang dan petis khas Sumenep.

Apen Manis

Apen merupakan kue apem khas Sumenep. Meski rasa kue apen tidaklah manis, namun dalam penyajiannya kue akan diberi tambahan berupa kuah santan gula merah. Apen manis merupakan camilan sore hari khas Sumenep yang kerap dinikmati saat santai di sore hari. Seiring dengan perkembangan jaman, kini kue apen banyak diolah dalam berbagai pilihan rasa seperti rasa keju, cokelat ataupun rasa buah-buahan.

Yang mau liburan ke Sumenep, jangan lupa icip-icip kuliner lezatnya ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s