Daftar Makanan Enak di Probolinggo

Wisata Probolinggo memang tak ada matinya. Selain menawarkan berbagai aktivitas wisata yang super asyik seperti mengintip migrasi hiu di Pantai Bentar, arung jeram di Sungai Pekalen ataupun snorkeling di Gili Ketapang, Probolinggo juga memiliki berbagai makanan lezat yang menarik untuk dicicipi. Berikut daftar makanan enak yang dapat kamu temui di Probolinggo!

Ketan Ktarok

Ktarok merupakan sebutan untuk bahan makanan yang sejenis dengan kacang koro. Bedanya, kacang katrok ini berukuran lebih kecil dari kacang koro. Karena itulah makanan ini harus diolah secara khusus. Klau salah olah, ktarok akan terasa pahit. Ktarok dapat diolah menjadi sayur lodeh ataupun dicampur dengan ketan. Nantinya Ketan Ktarok akan disajikan dengan parutan kelapa dan cairan gula merah. Hingga kini, Ketan Ktarok menjadi salah satu makanan khas Probolinggo yang banyak diburu wisatawan.

Kepiting Olok

Kepiting
Kepiting wisatakitakita.blogspot.co.id

Kepiting Olok merupakan seafood lezat khas yang begitu hits di Probolinggo. Kepiting Olok dibuat dari kepiting muda yang dicampur dengan udang dan berbagai bumbu rempah. Nantinya kombinasi kepiting dan udang berbumbu ini akan dimasukkan dalam cangkang kepiting berukuran besar. Bisa dibayangkan gimana lezatnya bukan? Karena itulah olahan Kepiting Olok menjadi salah satu makanan yang banyak dicari di Probolinggo, utamanya bagi para penikmat seafood.

Soto Kraksaan

Probolinggo dikenal dengan kuliner sotonya, namanya Soto Kraksaan. Soto ayam khas Probolinggo ini berbeda dengan soto pada umumnya. Soto Kraksaan menggunakan berbagai topping lezat yang dapat menggugah selera makna Anda mulai dari potongan ayam jantan berbumbu santan, potongan kentang yang telah dikukus hingga sangraian bubuk kelapa. Dalam penyajiannya, Soto Kraksaan juga disajikan dengan kerupuk udang.

 

Nasi Glepungan

Olahan nasi jagung khas Probolinggo dikenal luas dengan nama Nasi Glepungan. Dalam penyajiannya, olahan nasi jagung dari Probolinggo ini akan dilengkapi dengan berbagai lauk lezat seperti ikan asin, tahu dan tempe penyet, lapapan dan tentu saja sambal pedas.

Anggur Probolinggo

Anggur
Anggur anggurprobolinggo.blogspot.co.id

Selain itu, Probolinggo juga dikenal sebagai kota anggur. Pengembangan budidaya anggur di kawasan ini sudah dimulai sejak tahun 80an yang lalu. Tak ayal anggur pun menjadi salah satu komoditi pertanian unggulan dari Probolinggo.

Jadi mau icip-icip apa aja nih saat liburan di Probolinggo nanti?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s