Makanan Tradisional Ibu Kota yang Masih Hits Hingga Kini

Asyiknya wisata kuliner di Indonesia itu pilihannya banyak. Setiap tempat juga memiliki ciri-khas kuliner masing-masing, tidak terkecuali dengan kuliner tradisional khas ibu kota. Bahkan saking enaknya, ada beberapa ikon kuliner khas Jakarta yang hadir di berbagai kota di Indonesia. Yuk ulik satu-satu!

Kerak Telor

Kerak Telor
Kerak Telor bogor.tribunnews.com

Kerak Telor merupakan makanan  tradisional paling hits di Jakarta. Meski sekilas mirip dengan telur dadar, namun sebetulnya makanan lawas yang satu ini dibuat dari ketan yang dimasak dengan cara dibakar di atas tungku tradisional. Nantinya ketan ini akan disiram dengan telur yang telah dicampur dengan, ebi, bawang goreng serta berbagai rempah pilihan. Usai matang, Kerak Telor akan diberi topping berupa bawang merah goreng dan suka kelapa parut yang telah disangrai. Saking populernya, kini makanan ini banyak pula  dijual di

Ketoprak

Betawi juga punya kuliner berbumbu kacang yang oke punya. Ketoprak namanya. Kalau ingin makan siang yang agak ringan, makanan ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik. Ketoprak merupakan olahan bihun yang dikombinasikan dengan tahu, taoge, kol yang diberi topping berupa bumbu kacang yang telah ditambah dengan bumbu pilihan. Meski sekilas mirip pecel, namun Ketoprak memiliki kehasan citarasa tersendiri.

Soto Betawi

Betawi juga punya kuliner soto yang tak kalah lezatnya. Namanya Soto Betawi. Soto Betawi dikenal enak, gurih tapi nggak eneg. Makanan berkuah santan khas Betawi ini akan disajikan bersama dengan lezatnya potongan daging sapi, entang dan juga tomat. Kuliner yang satu ini cocok dinikmati bersama nasi putih hangat.

Laksa Betawi

Laksa Betawi
Laksa Betawi resepnet.com

Laksa Betawi merupakan olahan mie yang diolah menggunakan bumbu rendang yang khas. Kalau mie rendang umumnya menggunakan mie kuning yang bertekstur basah, Laksa Betawi dibuat menggunakan bihun. Kalau berbicara soal citarasa, Laksa Betawi ini tak kalah enaknya lho! Apalagi bihun merupakan jenis mie yang bertekstur kecil sehingga bumbu jadi lebih terasa. Yang suka aroma kuat rendang dalam seporsi mie, laksa Betawi dapat menjadi salah satu alternatif makan enak saat liburan di ibukota.

Semur Jengkol

Semur Jengkol merupakan makanan khas Betawi yang masih eksis hingga saat ini. Kini olahan Semur Jengkol dapat ditemui di berbagai warung ramesan di Jakarta. Penjual sayur pun banyak yang menyediakan masakan unik ini. Seiring perkembangan jaman, kini Semur Jengkol tak hanya bercitarasa manis, namun ada pula yang dimasak pedas yang dikenal dengan Semur Jengkol pedas.

Tertarik nyobain yang mana aja nih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s