Mau Beli Oleh-Oleh Usai liburan di Ibukota? Ini Daftar Lengkapnya!

Pulang dari Jakarta itu paling asyik kalau sudah puas icip-icip kuliner khasnya. Selain menawarkkan berbagai makanan berat yang nikmat dan lezat, jakarta juga memiliki berbagai makanan dan minuman khas yang cocok dijadikan oleh-oleh. Tak ayal berbagai makanan dan minuman ini pun menjelma menjadi buah tangan khas Jakarta yang banyak diserbu wisatawan. Yang mau liburan ke Jakarta, intip-intip dulu yuk kuliner unik berikut ini!

Roti Buaya

Roti Buaya
Roti Buaya aloha-bakery.com

Kalau berbicara masalah oleh-oleh jadul khas Jakarta yang palinh hits, kemungkinan besar Roti Buaya masuk dalam daftar teratas makanan yang plaling banyak dicari. Roti berbentuk buaya ini menjadi fenomenal karena kerap lalu lalang di berbagai media. Meski merupakan salah satu seserahan khas Jakarta, namun roti unik ini banyak tersedia di beberapa pusat oleh-oleh di Jakarta. Meski masyarakat luas menyematkan nama buaya pada laki-laki yang gonta-ganti pasangan, namun menurut budaya Betawi, Roti Buaya merupakan lambang kesetiaan.

Kembang Goyang

Selain makanan berat, Jakarta juga punya jajanan lawas berupa kue goreng yang dikenal luas dengan sebutan Kembang Goyang. Makanan yang dibuat dari adonan tepung beras ini akan diberi bumbu sederhana berupa gula pasir, telur dan juga vanili. Dalam proses penggorengannya, kue digoyang-goyang sedemikian rupa hingga matang. Tujuannya tidak lain agar adonan bisa terlepas dari cetakan penggorengan. Konon penamaan Kembang Goyang memang berhubungan dengan proses pembuatan yang digoyang-goyang tadi.

Kue Geplak

Kue Geplak
Kue Geplak http://www.indonesiakaya.com

Selain itu ada pula Kue Geplak. Kue Geplak merupakan makanan lawas khas Betawi yang dibuat dari tepung beras yang diberi campuran parutan kelapa dan gula pasir. Seperti halnya Kembang Goyang, penamaan Geplak konon berkaitan dengan cara pembuatannya yang dilakukan secara manual dengan cara digeplak alias dipukul-pukul. Kenapa perlu digeplak? Karena proses mencetak kue ini dilakukan dalam keadaan adonan yang masih panas. Jadi proses geplak akan memudahkan saat ingin meratakan kue. Meski identik untuk acara seserahan, namun Kue Geplak masih dapat ditemui di kawasan Bintaro..

Bir Pletok

Meski namanya menggunakan kata bir, namun Bir Pletok tidak mengandung alkohol sehingga tidak memiliki efek memabukkan. Minuman penghangat badan yang satu ini murni dibuat menggunakan sari jahe, gula dan beberapa jenis rempah pilihan.

Dodol Betawi

Ternyata Dodol juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Betawi. Sayangnya olahan ketan khas Betawi yang satu ini hanya dijumpai saat-saat tertentu saja seperti saat ada acara keluarga ataupun hari raya.

Jadi kapan nih mau wisata kuliner ke Jakarta lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s