Daftar Camilan Enak Khas Solo

Kurang lengkap rasanya jalan-jalan ke Solo tanpa menikmati lezatnya pesona kuliner kota cantik ini. Seperti halnya Jogja, Solo juga memiliki berbagai camilan yang enak di lidah maupun di kantong. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan selera Anda. Apa saja sih kuliner Solo yang dikenal lezat itu? Berikut beberapa diantaranya!

Roti Kacik Ganep’s

Kalau ditanya oleh-oleh yang paling dikenal di Solo? Roti Kacik Ganep’s jawabannya. Selain tahan cukup lama, Roti Kacik Ganep’s itu Solo banget. Konon menurut cerita yang beredar Roti Kacik Ganep’s merupakan salah satu makanan kesukaan Raja Surakarta kala itu, yaitu Sinuhun Pakubuwono X. Sesuai dengan namanya, kudapan ini memiliki bentuk layaknya kecik atau isi sawo. Seiring berkembangnya waktu,  Roti Kacik Ganep’s pun membuat inovasi mulai dari bentuk hingga menawarkan berbagai camilan lezat lain dengan brand Ganep’s.

Serabi Solo

Roti Kecik Ganep www.jatengpromo.com
Roti Kecik Ganep http://www.jatengpromo.com

Selain Roti Kacik Ganep’s, ada pula Serabi Solo. Meski sederhana, namun kuliner ini menjadi salah satu camilan yang banyak dicari wisatawan. Serabi Solo dibuat tanpa kuah sehingga praktis dibawa saat jalan-jalan ke Solo. Dari sekian banyak serabi di Solo, Serabi Notosuman Nyonya Handayani-lah yang paling banyak dicari. Serabi Notosuman Nyonya Handayani tersedia dalam dua pilihan rasa, yaitu rasa original dan rasa cokelat. Penasaran gimana kelezatan makanan khas Solo yang satu ini? Datang saja ke Jalan Muh. Yamin No. 51, Kratonan, Serengan, Kota Surakarta. Serabi legendaris ini buka setiap hari mulai pukul 04.30 pagi hingga 18.00 di hari Senin hingga Sabtu. Jika datang di hari Minggu, pastikan Anda datang sebelum pukul 15.00 sore ya! Saking enaknya, niasanya sih sebelum tutup serabinya sudah habis. Duh!

Brem Solo

Kalau lagi kepengen menikmati makanan yang mendinginkan mulut, cicipi saja Brem Solo. Pasalnya makanan ringan yang terbuat dari fermentasi ketan ini akan terasa dingin jika sampai ke dalam mulut. Kartena itulah Brem Solo itu dapat menjadi alternatif pendingin mulut yang praktis dan enak. Cocok banget dibawa saat jalan-jalan ataupun dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Intip Goreng

Intip Goreng
Intip Goreng kulineraslikotasolo.blogspot.co.id

Solo juga memiliki kuliner unik bernama Intip Goreng. Makanan khas Solo yang satu ini umumnya dibuat dalam ukuran jumbo lengkap dengan topping gula jawa cair. Kombinasi gurihnya intip dan legitnya gula jawa menjadikan kuliner ini tetap mempesona lidah.

Rambak Petis

Selain itu, Anda juga dapat menemukan camilan enak khas Solo yang enak untuk digado ataupun dibuat lauk. Apalagi kalau bukan Rambak Petis. Makanan bercitarasa gurih ini sangat enak tatkala dicocol ke dalam sambel petis. Asli enak!

Yakin nggak mau nyobaik camilan-camilan unik khas Solo ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s