Spot Wisata Sejarah di Sekitar Jakarta Selatan

Dari sekian banyak sisi ibukota, Jakarta Selatan tetap mencuri perhatian para penikmat wisata sejarah. Pasalnya di kawasan ini terdapat berbagai situs bersejarah menarik mulai dari Museum di Tengah Kebun hingga Museum Reksa Artha yang menyajikan berbagai barang bersejarah yang terkait dengan percetakan mata uang Indonesia. Yuk kenalan lebih lanjut!

Museum di Tengah Kebun

Museum di Tengah Kebun
Museum di Tengah Kebun lialt.blogspot.co.id

Ternyata Kemang memiliki museum unik bernama Museum di Tengah Kebun. Di tahun 2013 lalu, museum yang terletak di tengah-tengah kebun ini mendapatkan penghargaan sebagai Museum Swasta Terbaik di Museum Awards. Di museum ini tersimpan ribuan koleksi benda antik yang berasal dari 63 negara dan 26 provinsi di Indonesia.  Koleksi di museum ini terdiri dari 17 ruangan berbeda, mulai dari Ruang Dewi Sri yang sebagian besar berisi peralatan dapur, arca, dan guci dari masa lampau, Ruang Wilhelm yang berisi lukisan Raja Wilhelm dari Jerman dan masih banyak lagi. Museum yang terletak di Jalan Kemang Timur Raya No.66 ini buka di hari Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.45 hingga pukul 12.00 dan 12.45 –hingga pukul 14.30 waktu setempat. Meski tidak dipungut biaya saat masuk, namun pengunjung yang masuk harus datang berkelompok.

Museum Satriamandala

Museum Satriamandala merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah yang berhubungan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia sejak tahun 1945. Ada berbagai lambang TNI, aneka senjata hingga berbagai kendaraan perang TNI seperti panser dan helikopter. Selain itu terdapat pula puluhan diorama yang menggambarkan peran TNI dalam membela dan mempertahankan NKRI. Bangunan yang dulunya merupakan tempat tinggal Ratna Sari Dewi Soekarno ini juga sarat akan sejarah Indonesia. Pasalnya Museum Satriamandala merupakan tempat disemayamkannya presiden Soekarno sebelum dimakamkan di Blitar. Yang penasaran ke sini, silahkan datang di Jalan gatot Subroto No. 14 pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Museum Satriamandala tutup di hari Senin dan hari Libur nasional.

Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha
Museum Reksa Artha 60museumjakarta.blogspot.co.id

Museum Reksa Artha merupakan museum milik Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Nama Reksa Artha sendiri memiliki makna masing-masing dimana “Reksa” berarti menjaga dan “artha” berarti uang. Karena itulah Museum Reksa Artha menjadi begitu unik karena berisi berbagai peralatan yang digunakan dalam mencetak uang Indonesia dari jalam Kemerdekaan hingga Orde Baru. Selain itu, ada pula mata uang di era kemerdekaan yang dikenal dengan sebutan ORI. Jika tertarik menelisik sejarah pembuatan mata uang rupiah jaman dahulu, datang saja ke Jalan Lebak Bulus No. 1, lebak Bulus, Cilandak.

Jadi kapan nih mau wisata sejarah di Jakarta lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s