Hal-Hal Asyik yang Dapat Dinikmati Saat Berwisata ke Kampung Betawi

Wisata budaya merupakan salah satu jenis wisata yang tak pernah lekang dimakan waktu. Perlahan wisata budaya pun menjelma menjadi salah satu jenis wisata ikonik yang ada di suatu destinasi wisata. Begitu pula dengan Jakarta. Jika ingin menikmati wisata budaya Betawi, datang saja ke Setu Babakan yang beralamatkan di Jalan Srengseng Sawah, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penasaran dengan keunikan kampung budayanya Betawi di desa wisata ini? Yuk cari tahu di sini!

Cagar Budaya Betawi

Berdasarkan SK Gubernur No. 9 tahun 2000, perkampungan Setu Babakan ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Meski sebagian kecil penduduknya adalah pendatang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, namun sebagian besar warga di kampung ini merupakan orang asli Betawi yang sudah turun-temurun tinggal di Setu Babakan. Jadi jangan heran jika Anda akan mendengar logat khas Betawi saat berwisata di sini.

 

Wisata Budaya

Wisata Budaya Setu Babakan
Wisata Budaya Setu Babakan mscpangsibetawi.wordpress.com

Sebagai kawasan cagar budaya, Setu Babakan juga menawarkan wisata budaya yang menarik untuk diulik. Untuk seni pertunjukan ada tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong hingga ondel-ondel. Pertunjukan seni tersebut dapat Anda saksikan setiap hari Sabtu hingga Minggu. Jika sedang beruntung, Anda juga dapat juga menyaksikan prosesi acara adat yang masih menjadi tradisi di Betawi seperti acara  pernikahan, nujuh bulan hingga latihan bela diri khas Betawi yang dikenal luas dengan sebutan Beksi.

Desain Arsitektur Unik

Sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi, Setu Babakan menawarkan desain perkampungan dengan arsitektur tradisional khas Betawi, mulai dari gapura hingga rumah panggung yang masih dipertahankan keasliannya. Layaknya rumah jaman dulu, perkampungan di sini juga dilengkapi pekarangan yang diisi dengan berbagai macam buah segar seperti  belimbing, rambutan, mengkudu, dan masih banyak lagi. Asyik kan?

Wisata Kuliner

Kerak Telor
Kerak Telor ordinaryoktaviani.wordpress.com

Salah satu keunikan desa wisata seluas 32 hektar ini adalah sajian lezat khas Betawi yang dibuat dengan resep asli betawi. Di sini Anda dapat mencicipi berbagai hidangan utama seperti ketoprak, ketupat nyiksa, ketupat sayur, laksa, arum manis, soto betawi, soto mie hingga kuliner ikonik Betawi seperti roti buaya, bir pletok dan masih banyak lagi. Yang penasaran dengan citarasa kuliner Betawi, mampir saja ke sini!

 

Jadi kapan nih mau jalan-jalan ke Setu Babakan lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s