Mengulik Berbagai Pasar Unik di Jogja

Pasar Kotagede
Pasar Kotagede irmaritagusmaranti.blogspot.com

Wisata pasar merupakan salah satu pilihan wisata yang dapat Anda nikmati di Jogja. Uniknya setiap pasar di Jogja ini memiliki produk unggulan tersendiri. Kalau mau belanja batik dengan segala perniknya, datang saja ke Pasar Beringharjo yang terletak tak jauh dari titik nol Jogja. Lain halnya jika Anda ingin mencicipi kuliner unik khas Jogja, tinggal pilih saja mau nyicip kuliner apa. Pasalnya makanan-makanan tertentu hanya dijual di satu pasar saja. Simak selengkapnya di sini!

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar yang paling banyak diminati wisatawan. Pasalnya di sini Anda dapat berburu berbagai oleh-oleh khas Jogja  mulai dari produk batik, berbagai kain etnik, aneka kerajinan kulit hingga berburu  berbagai makanan lezat seperti pecel, gado-gado hingga sate kere. Selain makanan, umumnya berbagai harga produk di sini bisa ditawar. Kurang asyik apa coba?

Pasar Kotagede

Kipo
Kipo http://www.kabarkuliner.com

Lain halnya dengan Pasar Legi Kotagede atau yang dikenal luas dengan nama Pasar Kotagede. Pasar ikonik Jogja yang satu ini merupakan pasar tertua di Jogja yang dibangun di abad ke-16 yang lalu. Pasar yang dibangun di masa pemerintahan Panembahan Senopati ini menawarkan sebuah kuliner tradisinal khas Kotagede yang masih lestari hingga saat ini. Kipo namanya. Dahulu, makanan dari ketan yang berisikan kelapa sangrai ini merupakan camilan khas Bangsawan. Seiring berjalannya waktu, kini kipo dapat dinikmati masyarakat luas. Camilan lezat ini layak masuk dalam daftar makanan yang wajib dicoba saat liburan di Jogja.

Pasar Serangan

Lain Pasar Legi, lain pula Pasar serangan. Selain menyediakan baneka sembako, pasar yang terletak di Jalan RE Martadinata, Wirobrajan ini memiliki berbagai kuliner khas yang lezat seperti tempe benguk dan tiwul. Tempe benguk merupakan olahan koro yang dimasak bersama santan berbumbu, sedangkan tiwul merupakan makanan pengganti nasi yang dibuat dari gaplek. Yang penasaran dengan kelezatan keduanya, sambangi saja pasar di Jogja yang satu ini!

Pasar Niten

Mie Pentil
Mie Pentil http://www.diahdidi.com

Kalau ingin berburui lezatnya mie pentil, Pasar Niten dapat menjadi salah satu alternatif menarik untuk disambangi. Mie pentil merupakan mie khas Bantul yang dibuat dari tepung singkong. Mie gilik yang satu ini umumnya dimasak dengan cara digoreng, kemudian disajikan bersama dengan sambal dan taburan bawang goreng.

Jadi kapan nih mau wisata kuliner ke Jogja lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s