Mengenal Ikon Budaya Khas Betawi

Wisata budaya memang selalu menarik untuk diulik. Tidak terkecuali dengan budaya Betawi yang masih begitu eksis hingga saat ini. Tidak dipungkiri, peran media televisi turut mengangkat kebudayaan asli ibukota yang satu ini. Hingga kini, banyak sudah serial televisi yang mengangkat budaya khas Jakarta ini. Yang penasaran ingin wisata budaya di Jakarta, yuk kenalan dulu satu per satu!

Lenong

Ilustrasi Lenong
Ilustrasi Lenong anafitriana5.blogspot.co.id

Dari waktu ke waktu, kepopuleran Lenong seolah tak pernah padam. Kesenian asli Betawi ini telah membawa puluhan artis ibukota suskses dalam karir keartisan. Lenong sendiri merupakan seni pertunjukan khas Betawi yang begitu populer. Meski kerap diselingi dengan beragam humor segar, Lenong selalu menyiratkan pesan moral pada penonton. Ada dua jenis Lenong, yakni Lenong Dines dan lenong Preman. Lenong Dines akan menceritakan kisah kerajaan ataupun kaum bangsawan, sedangkan Lenong Preman lebih mengangkat tema tentang kehidupan sehari-hari yang terjadi di tengah masayarakat luas.

Tanjidor

Selain Lenong, Betawi juga dikenal dengan Tanjidornya. Seni musik khas Betawi ini kerap dilibatkan di berbagai festival di Jakarta. Tak jarang sineas Indonesia juga melibatkan Tanjidor dalam proyek film, FVT ataupun sinetron-sinetron. Walhasil, kepopuleran Tanjidor pun semakin meroket di Indonesia. Salah satu keunikan orkes khas Betawi ini adalah terdapatnya puluhan alat musik unik mulai dari cabasa, simbal, maracas, quarto, drum bass, sanare bass, xylophone, marimba, vibraphone, sousaphone, mellophone, baritone, tuba, trompet hingga eufonium. Lengkap dan meriah pokoknya!

Gambang Keromong

Gambang Keromong
Gambang Keromong warisane-simbah.blogspot.co.id

Selain Tanjidor, Betawi juga punya Gambang Keromong. Gambang Keromong merupakan perpaduan seni musik antara seni musik Jawa dan Tionghoa. Karena itulah dalam pertunjukkan ini penonton akan disuguhi padu indahnya suara gambang, keromong, kendang, kerecek dan gong dengan beberapa alat musik Tionghoa seperti sukong, tehyan dan juga kongahyan. Meski awalnya Gambang Keromong hanya disukai oleh warga Tionghoa saja, seiring dengan bergulirnya waktu, paduan musik ini disenangi pula oleh kaum pribumi. Yang ingin menikmati keunikan paduan musik Gambang Keromong, datang saja ke Perkampungan Betawi di Setu Babakan yang berlokasi di Jalan Srengseng Sawah, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Batik Betawi

Selain itu Betawi juga punya batik unik yang dikenal luas dengan sebutan Batik Betawi. Sesuai dengan namanya, motif batik ini sangat unik. Salah satu motif Batik Betawi yang begitu ternama adalah batik motif Ondel-Ondel.

Hayo mau ke mana aja saat wisata budaya ke Betawi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s