Pilihan Ngadem di Kawasan Tangerang

Meski dikenal sebagai kota industri, namun Tangerang tetap memiliki berbagai ruang terbuka hijau yang dapat dinikmati bersama sahabat ataupun keluarga. Selain bersantai menikmati udara segar di sekitar taman, ruang terbuka hijau juga asyik untuk jogging hingga mengenalkan keanekaragaman flora di Indonesia. Mana saja sih ruang terbuka hijau di Tangerang? Berikut pilihan lengkapnya!

Taman Kota 1

Hutan Kota
Hutan Kota serpong.org

Taman Kota 1 merupakan salah satu paru-paru kota Tangerang yang banyak dimanfaatkan sebagai lokasi wisata hijau. Sesuai dengan namanya, di area seluas 2,5 hektar dikelilingi ribuan pohon yang sebagian besar merupakan vegetasi hutan tropis Indonesia mulai dari meranti, sawo, durian dan beringin sabre. Selain terdapat fasilitas jogging track, Taman Kota 1 juga memiliki fasilitas acupuncture walk, taman bermain anak hingga fasilitas panggung dan plaza yang kerap digunakan sebagai lokasi pertunjukan.

Hutan Kota Jombang

Hutan Kota Jombang merupakan sebuah ruang terbuka hijau Tangerang yang cukup banyak diminati wisatawan. Pasalnya di ruang terbuka seluas 1,75 hektar ini terdapat berbagai tanaman langka asli Indonesia. Karena itulah  Hutan Kota Jombang dikenal pula sebagai Hutan Kehati alias Hutan Keanekaragaman Hayati. Tercatat ada sekitar 3000 jenis tanaman langka dan pohon buah yang ditanam di area terbuka hijau yang satu ini. Jadi selain dapat menjadi pilihan wisata keluarga yang menyegarkan, tempat ini dapat menjadi pilihan lokasi jogging ataupun wisata edukasi yang tidak membosankan. Yang penasaran dengan berbagai koleksi tanaman langka Hutan Kota Jombang, datang saja ke Jalan Tidore, Gang Salak, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

Hutan Kota 2 BSD

Hutan Kota
Hutan Kota areatangsel.blogspot.co.id

Hutan Kota 2 BSD merupakan sebuah taman kota yang dikenal luas dengan sebutan Taman Kota 2. Dengan luas taman yang mencapai 9 hektar, lengkap dengan danau buatan seluas dua hektar dan berbagai fasilitas menarik lainnya,  Taman Kota 2 ini dikenal luas dengan sebutan Hutan Kota 2 BSD. Selain sebagai ruang terbuka hijau, hutan kota yang berada di Jalan Tekno Widya, Taman Tekno, Buaran ini juga difungsikan sebagai laboratorium alam sekaligus ruang rekreasi dan olahraga bagi warga maupun wisatawan. Menariknya lagi,  Hutan Kota 2 BSD juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti gazebo, bangku taman, tree house hingga bursa tanaman hias. Hutan Kota 2 BSD juga memiliki spot foto menarik berupa Jembatan Merah Cinta.

Nggak bingung lagi kan kalau mau menikmati ruang hijau terbuka di sekitar Tangerang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s