Pesona Kuliner Tradisional Khas Cirebon

Selain dikenal sebagai kota batik, Cirebon juga memiliki pesona kuliner yang menawan. Selain dikenal dengan empal gentongnya, Cirebon memiliki berbagai makanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan ada beberapa jajan khas Garut yang sukses menginvasi berbagai kota di Indonesia. Yang mau icip-icip lezatnya kuliner khas Cirebon, tengok saja berbagai informasi menarik berikut ini!

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang http://www.itsharnaz.com

Nasi Jamblang merupakan makanan tradisional khas Cirebon yang masih banyak diminati hingga kini. Selain rasa yang lezat,  penyajian Nasi Jamblang terbilang cukup menarik karena disajikan di beralaskan daun jati. Penamaan nasi jamblang erat kaitannya dengan asal nasi yang berasal dari Desa Jamblang. Karena disajikan secara prasmanan, Anda dapat memilih sendiri lauk yang diminati, mulai dari sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati, perkedel, sate kentang, telur dadar, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu, ataupun tempe.

Nasi Lengko

Selain Nasi Jamblang, Cirebon juga punya Nasi Lengko. Sejatinya Nasi lengko  merupakan makanan khas masyarakat Pantai Utara. Selain Cirebon, nasi lezat yang satu ini juga merupakan makanan khas Indramayu, Brebes, Tegal dan kawasan di sekitarnya. Dalam seporsi Nasi Lengko Anda dapat menikmati berbagai lauk lezat non hewani seperti tempe dan tahu goreng, mentimun, tauge, daun kucai. Dalam penyajiannya Nasi Lengko akan diberi topping berupa bumbu kacang dan taburan bawang goreng. Dengan komposisi tersebut, Nasi Lengko cocok dikonsumsi oleh para vegetarian.

Tahu gejrot

Tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon yang banyak ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Kuliner berbahan dasar tahu pong ini akan disajikan bersama kuah berbumbu rempah yang lezat. Dominasi rasa dan harga yang istimewa, membuat olahan tahu berkuah manis pedas ini menjadi begitu digemari. Tak ayal jajanan tradisional yang satu ini kerap hadir berbagai sudut kota di Indonesia.

Sup Usus Sapi Rebus

Kalau di tempat lain usus biasa digoreng, namun di Cirebon usus diolah menjadi sup lezat. Karena itulah kini sup usus sapi rebus menjelma menjadi salah satu ikon wisata kuliner di kota Cirebon. Setelah usus dibersighkan dan sirebus, usus akan disajikan bersama kuah rempah yang lezat. Salah satu tempat yang menyediakan Sup Usus Sapi Rebus adalah Restoran Kuliner yang berada di Jalan Raya Cijerah no 99,  Bandung.

Docang

Docang
Docang http://www.enrymazni.com

Cirebon juga memiliki kuliner lezat bernama Docang. Docang merupakan lontong sayur ala Cirebon. Dalam seporsi Docang Anda akan potongan lontong yang diberi lauk berupa daun singkong, tauge dan kacang hijau. Nantinya makanan yang biasa disantap di pagi hari ini akan disajikan bersama kuah kelapa yang diberi tambahan oncom.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s