Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata

Selain dikenal dengan Pia Legongnya, ternyata kuliner Bali masih menyimpan beragam kuliner tradisional yang masih lestari hingga kini. Berbagai kuliner tersebut dapat dipesan di pasar ataupun warung makan yang terletak di berbagai sudut pulau cantik ini. Yuk intip segera keunikan citarasanya!

Jaje Godoh

Jaje Godoh merupakan gorengan khas Bali yang dibuat dari berbagai bahan makanan yang ada, mulai dari ubi, nangka ataupun pisang. Berbagai buah tadi akan dilapisi dengan tepung berbumbu garam. Selanjutnya Jeje Godoh akan diberi topping atau unti yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula merah, daun dandan dan juga garam. Makanan Bali yang satu ini cocok dinikmati di pagi hari ataupun saat bersantai di sore hari. Kalau cari pilihan jajanan yang murah tapi mengenyangkan, Jaje Godoh-lah salah satu alternatifnya!

Jaja Laklak

Jaja Laklak
Jaja Laklak edu4bali.wordpress.com

Yang sering ke Bali, udah pernah denger makanan bernama Jaja Laklak belum? Sekilas Jaja Laklak mirip dengan Surabi khas Bandung. Bedanya kalau Surabi menawarkan berbagai pilihan rasa, kalau Jaja Laklak hanya diberi topping berupa gula merah dan parutan kelapa saja. Jaja Laklak dapat menjadi pilihan kuliner di Bali yang manis sekaligus ekonomis.

Bubur Mangguh

Bali juga punya bubur tradisional, namanya Bubur Mangguh. Dahulu, Bubur Mangguh hanya disajikan saat acara sakral seperti uparaca pernikahan. Namun kini bubur lezat yang satu ini juga dibuat untuk keperluan wisata. Bubur khas Pulau Dewata ini disajikan bersama dengan daging ayam atau ikan berbumbu, kuah kaldu, kacang goreng dan urap kacang panjang.

Krupuk Klejat

Umumnya berbagai jenis kerupuk di Indonesia yang umumnya dibuat dengan tambahan tepung. Namun tidak demikian dengan kerupuk khas Bali yang satu ini. Kerupuk Klejat namanya, Kerupuk Krupuk Klejat merupakan kerupuk lezat khas Bali yang dibuat dari daging klejat. Klejat sendiri merupakan kerang laut yang banyak terdapat di sekitar Pulau Dewata. Jika penasaran dengan kerupuk unik ini, datang saja ke kawasan Serangan, Denpasar.

Tipat Cantok

Tipat Catok
Tipat Catok mahayanthi.wordpress.com

Tipat Cantok merupakan gado-gado lezat ala Pulau Dewata. Ternyata Tipat Cantok tidak hanya menjadi makanan warga setempat semata, namun digunakan pula untuk sebagai salah satu sajian persembahan kepada para Dewa dalam upacara-upacara keagamaan, utamanya pada Hari Raya Nyepi. Yang penasaran ingin icip-icip gado-gado lezat ini, datang saja ke Warung Made Bencong yang terletak di Jalan Turi No. 25, Kesiman, Denpasar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s