Pilihan Wisata Sejarah di Kawasan Tangerang

Setiap tempat di Indonesia memiiki sisi sejarah yang tak lekang dimakan waktu. Begitu pula dengan kawasan Tangerang. Selain  berbagai tempat bersemenawarkan berbagai pilihan wistaa alam dan edukasi yang memadai, kota industri ini memiliki berbagai bangunan bersejarah yang menarik untuk diulik. Selain Museum Benteng Heritage, Tangerang masih memiliki berbagai spot wisata sejarah yang oke punya. Yuk intip sama-sama!

Monumen Palagan Lengkong

Monumen Palagan Lengkong
Monumen Palagan Lengkong pelancongudik.blogspot.co.id

Monumen Palagan Lengkong merupakan bangunan bersejarah yang dibuat untuk mengenang jasa perjuangan Daan Mogot, seorang tentara PETA yang memimpin 70 taruna tentara menuju tempat bermukin Jepang di dareah Lengkong. Misi pasukan Mayor Daan Mogot sat itu tidak lain mencegah senjata Jepang jatuh ke tangan Beland, usai Jepang dinyatakan kalah dari Sekutu di masa Perang Dunia II. Sayangnya saat terjadi baku tembak di hutan Lengkong, pasukan Mayor Daan Mogot terdesak dan kalah. Gugurnya Mayor Daan Mogot beserta dua perwira dan 34 taruna gugur.

Wihara Boen Tek Bio

Wihara Boen Tek Bio merupakan sebuah wihara kuno yang diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-17. Tak ayal, Wihara Boen Tek Bio menyimpan berbagai artefak kuno seperti ukiran huruf Cina yang dibuat di awal tahun 1800, lonceng tua yang konon didatangkan langsung dari Tiongkok sekitar tahun 1835, batang hio yang dibuat di tahun 1805 hingga tempat pembakaran yang berasal dari abad ke-19. Selain saat Cap Go Meh, Wihara Boen Tek Bio akan ramai dikunjungi saat dialngsungkannya kegiatan Gotong Toapekong, yaitu tradisi yang dilakukan dengan mengarak patung dewa menuju wihara. Menariknya lagi, tradisi Gotong Toapekong umumnya akan dimeriahkan dengan pertunjukan Wayang Potehi.

Masjid Pintu Seribu

Masjid Seribu Pintu
Masjid Seribu Pintu merahputih.com

Kalau di Semarang ada Lawang Sewu, Tangerang punya Masjid Pintu Seribu. Sesuai dengan namanya, masjid yang berada di Kampung Bayur, Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. ini memang memiliki banyak pintu. Masjid yang bernama asli Masjid Nurul Yaqin ini merupakan peninggalan  masjid unik karena menggabungkan berbagai desain menawan. Selain bergaya Baroque, Masjid Pintu Seribu juga memiliki bangunan yang mirip dengan bangunan Suku Maya dan Aztec. Karena itulah banyak hal yang dapat digali saat mengunjungi Masjid Pintu Seribu. Selain cocok untuk wisata religi, tempat ini juga menawarkan berbagai objek fotografi yang menarik.

Nggak bingung lagi kan saat mau menikmati wisata bersejarah di Tangerang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s