Pesona Wisata Sejarah Kota Cirebon

Setiap tempat di Indonesia memiliki cerita sejarahnya tersendiri, tidak terkecuali dengan kota Cirebon. Kota cantik yang dikenal dengan Batik Trusminya ini ternyata memiliki berbagai situs bersejarah yang menarik untuk dijelajahi. Yang berencana menikmati pesona wisata sejarah di Cirebon, cek beberapa tempat asyik berikut ini!

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan keraton kenamaan di Cirebon yang dibangun tahun 1529. Salah satu keunikan Keraton Kasepuhan terletak ini menawarkan akulturasi budaya mulai dari budaya Jawa, Sunda, Arab, Tiongkok hingga kebudayaan Eropa. Keraton kasepuhan juga memiliki taman istana, lengkap dengan sumber mata air yang dianggap dapat membawa berkah. Tahun ini agenda wisata Keraton Kasepuhan akan dimulai pada 1 April mendatang dengan gelaran festival Pesona Cirebon. Selanjutnya akan ada kegiatan Gostrawala, Tour de Keraton ke-4, Festival Keraton Nusantara Xim Festival Grebeg Mulud, Festival Sedekah Laut Nadran Gunung Jati dan kegiatan Warsa Enggal 2018.

Situs Batu Tulis Huludayeuh

Situs Batu Tulis Huludayeuh
Situs Batu Tulis Huludayeuh http://www.disparbud.jabarprov.go.id

Cirebon juga memiliki Prasasti Huludayeuh yang tidak lain merupakan prasasti peninggalan kerajaan Sunda. Prasasti yang berada di tengah persawahan kampung Huludayeuh ini dipahatkan pada batu alam berukuran tinggi 75 cm x lebar 36 cm dan ketebalannya 20 cm. Peninggalan bersejarah ini oleh ditemukan oleh sejarawan dan arkeolog pada September 1991 ini diduga berhubungan dengan usaha-usaha Sri Maharaja Ratu Haji di Pakwan Sya Sang Ratu Dewata yang sedang memakmurkan negerinya. Penasaran dengan situs yang satu ini? datang saja ke Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

Situs Lawang Gede

Lain halnya dengan Situs Lawang Gede. Situs Lawang Gede merupakan objek wisata berupa pintu yang terbuat dari kayu. Sesuai dengan namanya, Situs Lawang Gede dibuat dengan ukuran cukup besar. Konon pada masanya, pintu ini merupakan pintu gerbang Kerajaan Mertasinga yang tidak lain merupakan kerajaan peninggalan Pangeran Suryanegara, cicit Sunan Gunung Jati. Uniknya, Situs Lawang Gede berada di sebuah bangunan yang dihiasi berbagai piring cantik di dindingnya. Penasaran dengan keunikannya? Datang saja ke Blok Lawang Gede, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon. Dari ktoa Cirebon, Situs Lawang Gede dapat diakses dalam waktu sekitar 20 menit melalui Jalan Lohbener atau Jalan Raya Indramayu.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi http://www.wisataseputarcirebon.tk

Selain itu Cirebon juga punya Taman Sari Gua Sunyaragi, sebuah taman yang dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen. Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan tempat peristirahatan Sultan Cirebon beserta keluarga. Taman seluas 1,5 hektar ini menawarkan belasan bangunan kuno dengan gaya arsitektur yang menawan. Selain dapat menambah pengetahuan terkait sejarah, Taman Sari Gua Sunyaragi juga banyak diminati para pecinta fotografi.

Nggak bingung lagi kan kalau mau menikmati wisata sejarah di sekitar Cirebon?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s