Pilihan Oleh-oleh dari Kota Cirebon

Meski dikenal sebagai kota batik, Cirebon tetap menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang oke punya. Salah satu kawasan yang dekat dengan pesisir ini menawarkan ragam oleh-oleh yang menarik, mulai dari olahan komoditi laut yang begitu membumi seperti terasi, sirup yang terkenal sejak tahun 1930-an dan tentu saja kemilau Batik Trusmi yang tak lekang dimakan jaman. Temukan keunikan lebih lanjut!

Terasi

Terasi Udang Cirebon
Terasi Udang Cirebon regional.liputan6.com

Dengan komoditi udang yang cukup melimpah di kawasan Cirebon, kota cantik ini tak hanya berjuluk sebagai kota batik saja, namun dikenal luas pula dengan sebutan kota udang. Tak ayal berbagai produk yang terbuat dari udang pun terbilang cukup melipah di Cirebon. Salah satu olahan udang yang cukup di kenal di kawasan ini adalah terasi udang. Udang lokal dari cirebon umumnya dibuat dalam porsi agak besar. Bagi penikmat sambal terasi, jangan lewatkan untuk membawa pulang produk Cirebon yang satu ini. Selain terasi, Cirebon juga dikenal dengan olahan ikan asinnya.

Kerupuk Melarat

Kuliner Cirebon juga dikenal luas dengan kerupuk melaratnya. Kerupuk melarat merupakan olahan kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka. Penamaan melarat ditengarai berhubungan dengan proses pembuatannya yang digoreng menggunakan pasir panas yang telah disangrai. Konon di masa penjajahan dahulu, banyak penduduk Cirebon yang tak mampu membeli minyak. Walhasil warga pun berinisiatif untuk menggoreng kerupuk menggunakan pasir panas. Kerupuk khas Cirebon ini enak disantap dengan sambal terasi. Selain kerupuk melarat, Cirebon juga dikenal dengan produksi kerupuk kulitnya. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan anggaran belanja Anda.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay
Sirup Tjampolay http://www.anatoemon.com

Cirebon juga memiliki ikon sirup ternama bernama Sirup Tjampolay.  Sirup Tjampolay merupakan minuman khas Cirebon yang diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu. Menurut cerita yang beredar, sirup khas Cirebon ini sudah dibuat sejak tahun 1936. Sirup yang masih eksis hingga kini ini dibuat menggunakan berbagai bahan alami. Karena itulah sirup lawas ini mampu bersaing dnegan berbagai brand sirup ternama di Indonesia. Kini Sirup Tjampolay menawarkan berbagai varian rasa, mulai dari pisang susu, melon, nanas, leci mangga gedong, jeruk nipis, kopi moka, asam jeruk hingga rozen rose, dan masih banyak lagi. Anda dapat membelinya langsung di Perusahaan Siroop Tjap Buah Tjampolay yang beralamatkan di Jalan Elang Raya, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Batik Trusmi

Sebagai kota batik, tak lengkap rasanya jika tak membeli Batik Trusmi khas Cirebon. Trusmi sendiri merupakan nama salah satu sentra batik ternama di Curebon. Selain dikenal dengan motif Mega Mendungnya yang telah mendunia, Cirebon juga memiliki batik sewarna hingga motif encim yang identik dengan lukisan bunga-bunga indah.

Nggak bingung lagi kan saat mau berburu oleh-oleh di Cirebon?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s