Jelajah Berbagai Tempat Bersejarah Bandung

Wisata Bandung memang menarik. Selain menawarkan pesona wisata alam yang begitu menawan,  kota fashion ini juga menawarkan pesona sejarah yang tak akan tergerus oleh waktu. Yang ingin berselancar menikmati wisata sejarah di Bandung, coba cek berbagai tempat menarik berikut ini!

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pejuang kemerdekaan. Di masa perang kemerdekaan, salah satu strategi perang yang dilakukan adalah sebagian kota Bandung. Hal ini dilakukan pada tanggal 24 maret 1946, yang kini dikenal dengan peristiwa ‘Bandung lautan api’. Heroiknya peristiwa ini tergambar dengan jelas di Monumen Bandung Lautan Api. Kini bangunan yang berada di kawasan Tegallega ini menjelma menjadi monumen tertinggi di Bandung.

Gedung Landmark Braga

Monumen Bandung Lautan Api
Monumen Bandung Lautan Api parisvanjava.web.id

Wisata sejarah Bandung juga dilengkapi dengan keberadaan Gedung Landmark Braga. Gedung Landmark Braga merupakan bangunan kuno peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Pada masanya gedung ini merupakan toko buku bernama Van Dorp. Selain sebagai simbol seni dan sejarah kota Bandung, kini Gedung Landmark Braga banyak dimanfaatkan untuk sebagai ruang pameran, seperti pameran buku hingga komputer.

Gedung Merdeka

Gedung Merdeka
Gedung Merdeka perwakilan.jabarprov.go.id

Sejarah Bandung tak dapat dilepaskan dari helatan Konferensi Asia Afrika yang digelar pada  18 April 1955. Kala itu konferensi internasional ini digelar di Concordia, yang kini dikenal luas dengan nama Gedung Merdeka. Berpuluh tahun kemudian, Konferensi Asia Afrika kembali digelar di tempat yang sama yaitu Gedung Merdeka. Gedung yang terletak di Jalan Asia Afrika ini dapat diakses menggunakan berbagai alat transportasi umum yang tersedia di Bandung.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Selain itu masih ada Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (MPRJB). Monumen ini dirancang oleh arsitek asli Bandung bernama Slamet Wirasonjaya dan perupa Sunaryo ini terletak di kawasan terbuka sisi utara Gedung Sate. Sesuai dengan namanya, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan simbol pengabdian nilai-nilai kebudayaan dan warisan nilai perjuangan rakyat Jawa Barat kepada generasi mendatang. Selain terdapat di sepanjang dinding monumen, kisah heroiknya perjuangan rakyat Jawa Barat juga tergambar di ruang bawah tanah yang terdapat di area MPRJB.

Nggak bingung lagi kan kalau mau jalan-jalan ke berbagai bangunan bersejarah di Bandung?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s