Menengok Legenda Wisata Alam Populer di Kawasan Bandung

Ternyata berbagai objek wisata di Bandung ada yang begitu lekat dengan legenda ataupun mitos yang terus mengiringi hingga saat ini. Tak ayal legenda ataupun mitos tersebut menjadi tambahan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Penasaran dengan berbagai tempat wisata di Bandung yang lekat dengan legenda ataupun mitos? Yuk intip sama-sama!

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu http://www.yoshiwafa.com

Kalau berbicara soal legenda wisatadi Bandung, tentu legenda Gunung tangkuban Perahu menjadi salah satu legenda paling hits di kota cantik ini. Entah dimulai dari mana, Gunung Tangkuban Perahu selalu dikait-kaitkan dengan kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Konon Sangkuriang berniat untuk meminang Dayang Sumbi yang tidak lain merupakan ibu kandung yang terpisah lama darinya. Tak hilang akal, Dayang Sumbu pun meminta dibuatkan dananu lengkap dengan perahu dalam waktu semalam. Karena takut sangkuriang akan berhasil, akhirnya Dayang Sumbi melakukan tipu muslihat sehingga dini hari terlihat layaknya pagi. Karena merasa gagal, akhirnya Sangkuriang menendang perahu hingga terbalik. Konon perahu tersebut menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Parahyangan

Selain dikenal sebagai kota kembang, Bandung dikenal luas dengan sebutan Kota Parahyangan. Ternyata kawasan Parahyangan tak luput dari legenda. Menurut cerita yang ada, kawasan Bandung tercipta ketika para dewa bahagia. Hal ini terlihat dari bentangan alam yang begitu indah di kawasan Tanah Parahyangan. Selain itu, Masyarakat Sunda Kuno percaya bahwa para Hyang atau para dewa tersebut tinggal di tempat yang tinggi dan indah sehingga gunung-gunung tersebut diyakini sebagai tempat tinggal para dewa. Terkait hal ini, Karena itulah kawasan Tanah Parahyangan memiliki berbagai gunung menawan mulai dari Gunung Gede, Gunung Ciremai, Gunung Kancana hingga Gunung Masigit.

Situ  Patenggang

Situ Patenggang
Situ Patenggang http://www.initempatwisata.com

Lain halnya dengan legenda Situ  Patenggang. Situ yang dikenal luas dengan sebutan Situ Pengantin ini konon berkaitan dengan kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang pernah terpisah lalu bertemu kembali di tempat ini. Konon air mata haru mereka berdua mengubah sebagian area pertemuan tersebut menjadi sebuah danau. Kini kisah legendaris ini dapat dibacapengunjung di sebuah batu bernama Batu Cinta. Berdasarkan kisah tersebut, konon mengucapkan janji setia bersama pasangan dapat membuat jalinan kasih menjadi awet.

Curug Aleh

Legenda wisata di Bandung juga dilmeriahkan dengan kehadiran cerita rakyat yang melingkupi Curug Aleh. Konon Aleh merupakan nama laki-laki yang memiliki kesaktian tinggi. Selain sakti, konon Aleh juga suka berkelana mencari ilmu kebatinan. Suatu hari, Aleh diketahui bertapa di air terjun, namun ia tak pernah kembali. Untuk mengenang Aleh, curug tersebut diberi nama Curug Aleh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s