Candi-Candi Eksotis di Magelang

Selain Punthuk Setumbu yang keren banget itu, Magelang juga menawarkan pesona wisata sejarah yang tak lekang digerus waktu. Salah satu wisata sejarah Andalan magelang adalah wisata candi.  Selain dikenal dengan Candi Borobudurnya, ternyata Magelang masih menyimpan berbagi candi eksotis. Tak ayal kawasan ini menjadi salah satu lokasi ideal untuk menikmati pesona wisata sejarah di Pulau Jawa. Berikut beberapa candi eksotis yang dapat Anda nikmati selama liburan di Magelang!

Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur pixabay.com

Kalau ditanya soal candi paling fenomenal di magelang, bahkan Indonesia, tentu Candi Borobudurlah jawabannya. Pasalnya selain dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Site oleh UNESCO, candi yang terletak di kawasan Muntilan ini merupakan candi Budha terbesar di Asia Tenggara. Menariknya lagi, ternyata Candi Borobudur merupakan situs purbakala yang dibangun oleh raja Samaratungga sekitar tahun 824 Masehi. Bisa kebayang gimana asyiknya wisata sejarah di candi fenomenal ini bukan?

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan salah satu candi yang cukup banyak dicari wisatawan. Selain jaraknya yang begitu dekat dengan Borobudur, Candi yang dibangun sekitar tahun 825 sebelum Masehi ini juga menawarkan sisi sejarah yang menarik. Di dalam bangunan candi anda akan menemukan berbagai tiga arca raksasa, mulai dari arca Bodhisattva Vajravani, arca Budha Sakyamuni hingga arca Bodhisattva Avalokitesvara lengkap dengan berbagai relief menarik yang terdapat di dinding candi.

Candi Umbul

Candi Umbul
Candi Umbul sutrisnasmg.blogspot.co.id

Candi Umbul menyimpan keunikannya tersendiri. Pasalnya di area Candi Umbul terdapat dua kolam pemandian yang dapat dipergunakan oleh wisatawan. Kolam yang yang terletak di bagian atas merupakan kolam air hangat, sedangkan kolam yang berada di bagian bawah merupakan kolam air dingin. Selain tidak berbau belerang, pemandian yang dipercaya sebagai salah satu tempat mandinya putri para bangsawan ini dibuka dengan harga tiket masuk sebesar 3K saja. Kurang menarik apa coba?

Candi Pawon

Seperti halnya Candi Mendut, Candi Pawon merupakan yang letaknya berdekatan dnegan candi Borobudur. Konon candi yang terletak di Desa Brojonalan, Kecamatan Borobudur ini merupakan tempat yang dipergunakan untuk menyimpan senjata milik raja yang bernama vajranala. Salah satu keunikan Candi pawon terletak pada keunikan relief dinding candi seperti burung berkepala manusia dan pohon kalpataru.

Nggak bingung lagi kan kalau mau wisata sejarah di sekitar Magelang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s