Daftar Objek Wisata Hits di Sukoharjo

Ada ratusan objek wisata kenamaan yang berada di Jawa Tengah. Beberapa diantaranya terdapat di kawasan Sukoharjo. Kabupaten yang dikenal luas dengan industri jamunya ini ternyata banyak menawarkan pesona wisata yang begitu instagramable, mulai dari indahnya Gunung Sepikul hingga uniknya Bendungan Colo. Apa saja keunikannya? Berikut informasi selengkapnya!

Gunung Sepikul

Gunung Sepikul
Gunung Sepikul exnus.blogspot.co.id

Gunung Sepikul merupakan salah satu objek wisata alam paling hits di Sukoharjo. Meski bernama gunung, namun Gunung Sepikul merupakan bukit batu yang konon merupakan salah satu batu Bandung Bondowoso yang jatuh saat akan digunakan untuk membangun Candi Roro Jonggrang. Karena itulah area Gunung Sepikul yang dikelilingi dengan hamparan panorama alam nan menawan ini kerap dikaitkan dengan legenda Bandung Bondowoso. Kalau nyari tempat paling instargamable di Sukorharjo yang satu ini, datang saja ke Desa Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu.

Curug Krajan

Kalau Karanganyar punya Air Terjun Jumog, Sukoharjo punya Curug Krajan. Curug yang berada di Desa Krajan, Watu Kelir, Weru ini menawarkan panorama eksotik yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Karena itulah meski terletak sekitar 30 km dari kota Sukoharjo, Curug Krajan tetap menjadi salah satu tempat wisata yang diburu para penikmat petualang. Curug yang berada di perbatasan Sukoharjo Gunungkidul ini memiliki dua air terjun berbeda dengan ketinggian air sekitar enam meter.

Bendungan Colo

Bendungan Colo
Bendungan Colo efekgila.com

Selain itu, Sukoharjo punya bendungan unik bernama Bendungan Colo. Tidak seperti bendungan pada umumnya, bendungan Colo menawarkan desain bendungan yang begitu unik karena menempatkan balok beton di berbagai sudut bendungan. Kalau datang di musim kemarau, ada kemungkinan bendungan tengah kering sehingga ada beberapa wisatawan yang memanfaatkannya sebagai lokasi foto yang unik. Meski demikian, tentu pengunjung tidak disarankan datang di musim penghujan. Pasalnya saat musim hujan tiba, tentu kawasan Bendungan Colo berpotensi menerima limpahan air dari Sungai Bengawan Solo. Belum lagi kalau Sungai bengawan Solo tengah banjir.

Telaga Claket

Telaga Claket merupakan telaga cantik yang berada di dekat Pasar Nguter, Sukoharjo. Selain menawarkan suasana yang sejuk, telaga menawan ini menawarkan panorama alam yang indah. Saking indahnya area di sekitar telaga, Telaga Claket kerap dijadikan lokasi selfie, hunting fotografi hingga pre wedding lho! Yakin nggak mau ke sini?

Nggak bingung lagi saat mencari tempat wisata hits di sekitar Sukoharjo?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s