Jelajah Museum di Magelang

Selain memiliki wisata pilihan wisata alam yang memukau, ternyata Magelang juga menawarkan pesona wisata sejarah yang tak kalah menarik. Tercatat ada berbagai museum unik yang ditawarkan Magelang mulai dari museum seni, musuem taruna hingga museum yang berkaitan langsung dnegan para pahlawan nasional Indonesia. Yang ingin menikmati wisata museum saat liburan ke Magelang, bisa cek beberapa destinasi menariknya berikut ini!

Museum Taruna Abdul Jalil

Museum Taruna Abdul Jalil
Museum Taruna Abdul Jalil museumakmil.org

Sudah sejak lama Magelang ini dikenal sebagai kota taruna. Selain terdapat kompleks Akademi Militer yang dikenal luas dengan sebutan AKMIL, Magelang juga memiliki berbagai area yang erat berhubungan dengan dunia militer mulai dari SMA Taruna Nusantara, ARMED 3/105 Nagapakca hingga markas Rindam IV Diponegoro. Tak heran rasanya jika di kawasan ini terdapat museum yang memiliki berbagai koleksi yang berkaitan dengan tentara hingga sjarah berdirinya AKMIL. Museum Taruna Abdul Jalil namanya. Selain gratis biaya masuk, museum yang berada di Jalan Gatot Subroto Magelang ini juga buka setiap hari. Asyik kan?

Museum Seni Rupa H. Widayat

Meski dikenal sebagai kota tentara,  namun Magelang juga memiliki museum seni. Salah satu yang cukup hits bernama Museum Seni Rupa H. Widayat. Meski merupakan musuem pribadi milik H. Wisayat, namun musuem seni yang satu ini menawarkan berbagai koleksi seni banyak seniman seperti koleksi seni para mahasiswa dan pelukis muda dari Institute Seni Indonesia (ISI).  Selain terdapat ribuan koleksi lukisan, museum yang berlokasi di Jalan Letnan Tukiyat No. 32 ini juga menawarkan berbagai karya seni yang dapat dibeli di Art Shop Soemini.

Museum Oei Hong Djien

Museum Oei Hong Djien
Museum Oei Hong Djien fingerplant.wordpress.com

Museum Seni Rupa H. Widayat, Magelang juga punya Museum Oei Hong Djien yang dikenal luas dengan nama Museum ODH. Sesuai dengan namanya, Museum Oei Hong Djien merupakan museum seni miliki seorang dokter sekaligus kolektor seni bernama Oei Hong Djien. Museum ini menawarkan berbagai karya seni yang berasal dari berbagai para maestro dari dalam maupun luar negeri seperti seni lukis, seni pahat dan berbagai patung. Museum Oei Hong Djien terbagi dalam dua arena yang berbeda. Museum OHD 1 yang berada di Jalan Diponegoro No 74 Magelang menyimpan berbagai karya seni sebelum dan saat kemerdekaan. Sedangkan Museum OHD 2 yang berada di Jalan Jenggala No 14 menyimpan berbagai koleksi seni kontemporer. Karena museum hanya memamerkan sekitar 5% dari koleksi yang dimiliki Oei Hong Djien, setiap dua atau tiga tahun sekali Museum OHD akan menampilkan karya seni yang berbeda. Unik kan?

Jadi kapan nih mau jelajah museum di Magelang lagi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s