Menyibak Pesona Wisata Sejarah di Kota Jepara

Jepara itu identik dengan sejarah emansipasi wanita Indonesia. Pasalnya kota cantik inilah sosok pelopor kebangkitan perempuan pribumi, Raden Ajeng Kartini dilahirkan. Selain itu, kota cantik ini ternyata menawarkan sisi sejarah yang begitu menarik mulai dari Benteng Portugis, Masjid Menara Kudus hingga Candi Ngempon. Yuk intip sama-sama!

Museum Kartini

Museum Kartini
Museum Kartini ulinulin.com

Kalau berbicara tentang wisata sejarah Jepara tentu tak akan lepas dari museum kenamaan yang satu ini. Apalagi kalau bukan Museum Kartini. Sesuai dengan namanya, museum yang berlokasi di Jalan Alun-Alun No.1, Jepara ini merupakan salah satu tempat yang dapat dirujuk untuk mengenal sosok Raden Ajeng Kartini. Koleksi buku, radio, meja, kursi hingga berbagai foto terpampang di museum ini. Meski bernama Museum Kartini, namun berbagai peninggalan yang tersimpan di museum ini bukan terkait dengan Raden Ajeng Kartini smeata, namun ada pula beberapa koleksi milik Raden Mas Panji Sosrokartono yang tidak lain merupakan kakak Kartini.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan bersejarah di Jepara yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1959 Masehi. Dengan desain masjid yang mengisyaratkan paduan budaya Islam dan Hindu,  Masjid Menara Kudus dikenal luas sebagai simbol toleransi antar umat beragama.  Meski telah mengalami berbagai renovasi, namun secara keseluruhan perpaduan dua budaya tersebut masih terlihat cukup kental. Selain menawarkan masjid dengan desain yang unik, di belakang masjid terdapat makam Sunan Kudus beserta keluarga dan para sahabat. Jadi sekali datang Anda dapat menikmati berwisata sejarah, berburu fotografi ataupun berkunjung ke area makam.

Benteng Portugis

Benteng Portugis
Benteng Portugis http://www.lihat.co.id

Kalau mau berwisata sejarah sembari menikmati indahnya panorama alam di sekitar Jepara, datang saja ke Benteng Portugis. Benteng Portugis merupakan benteng segi empat setinggi 0,7 hingga 2,1 meter yang dilengkapi dengan dua meriam kuno peninggalan Belanda yang mengarah keluar benteng. Ikon wisata sejarah yang berada di ujung utara Jepara ini berada dia atas bukit batu yang indah. Menariknya lagi, benteng Portugis juga berada di depan sebuah pulau cantik bernama Pulau Mondoliko atau Pulau Mandalika. Karena itulah seringkali wisatawan yang datang tidak langsung masuk ke area benteng, namun bersantai-santai dahulu sembari berburu fotografografi unik yang tersaji di sekitar kawasan benteng.

Nggak bingung lagi kan kalau mau menikmati wisata sejarah di Kota Jepara?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s